Archives
-
ADDABANI: Interdisciplinary Journal of Islamic Education
Vol. 2 No. 2 (2025)Pada Vol. 02 No. 2 Tahun 2025 ini, Jurnal Addabani: Interdisciplinary Journal of Islamic Education menerbitkan enam artikel yang ditulis oleh penulis dengan latar belakang keilmuan yang beragam. Hal ini menggambarkan keragaman topik penelitian dalam kajian ilmu Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Jurnal Addabani. Artikel pertama ditulis oleh Sekarmaji Sirulhaq, Mohamad Ohan dengan judul Efektivitas Pembelajaran Kitab Safinatun Naja Melalui Metode Sorogan Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Fadhiilah Sukabumi. Artikel kedua ditulis oleh Nurjanah, Agus Abdussalam, Dedi Anwar Muhtadin, Suryana dengan judul Inovasi Pragmatis dalam Penerapan Kurikulum Pendidikan Modern Pada Kurikulum Merdeka.
Selanjutnya, pada artikel yang ketiga Gina Sonia, Surya Hadi Darma menjelaskan penelitiannya dalam judul Optimalisasi Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Mahad Aisyah Bogor Melalui Implementasi Siklus Aset. Kemudian pada artikel keempatSyarif Hidayat, Asep Saripulloh melalui artikelnya yang berjudul Pendidikan Lifelong Learning dalam Meningkatkan Kesiapan Tenaga Kerja di Indonesia Melalui Implementasi yang Efektif. Berikutnya pada artikel yang kelima yang ditulis oleh Nurfitriani Fitrotu Zakiah, Surya Hadi Darma dengan judul Inovasi Manajemen Pendidikan dalam Membangun Generasi Unggul di SD Plus Al-Luthfi Purwakarta. Dan artikel yang keenam ditulis oleh Siti Sa'adah, Asep Lukman Hamid dengan judul Memahami Karakteristik Peserta Didik Melalui Optimalisasi Pembelajaran.
-
ADDABANI: Interdisciplinary Journal of Islamic Education
Vol. 2 No. 1 (2024)Pada Vol. 02 No. 1 Tahun 2024 ini, Jurnal Addabani: Interdisciplinary Journal of Islamic Education menerbitkan enam artikel yang ditulis oleh penulis dengan latar belakang keilmuan yang beragam. Hal ini menggambarkan keragaman topik penelitian dalam kajian ilmu Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Jurnal Addabani. Artikel pertama ditulis oleh Acip, Zulfikri, Indri Nurmalasari dengan judul Penerapan Konsep Belajar Kontextual Teaching and Learning (CTL) pada Pelajaran Al-Qur’an Hadits d MTs Asy-Syahadatain Cibeber. Artikel kedua ditulis oleh Dina Nurjanah, Surya Hadi Darma dengan judul Seleksi Sumber Daya Manusia di SMP IBS Kiai Demak Purwakarta. Selanjutnya, pada artikel yang ketiga Gina Sonia, Manpan Drajat menjelaskan penelitiannya dalam judul Pendidikan Agama Islam Nonformal Sebagai Benteng Pertahanan Keimanan Anak di Pengajian Darunnajah Cimahi. Kemudian pada artikel keempat Nurjanah, Dedi Anwar Muhtadi, Agus Abdussalam melalui artikelnya yang berjudul Metode Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Tasikmalaya. Berikutnya pada artikel yang kelima yang ditulis oleh Muhammad Seftian Romli Ishaq dengan judul Manajemen Sumber Daya Manusia Komprehensif. Dan artikel yang keenam ditulis oleh Fauziyah Fikroturrohmah dengan judul Analisis Manajemen Strategi Penyehatan Lembaga Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren.
-
ADDABANI: Interdisciplinary Journal of Islamic Education
Vol. 1 No. 2 (2024)Pada Vol. 01 No. 2 Tahun 2024 ini, Jurnal Addabani: Interdisciplinary Journal of Islamic Education menerbitkan enam artikel yang ditulis oleh dosen dengan latar belakang keilmuan yang beragam. Hal ini menggambarkan keragaman topik penelitian dalam kajian ilmu Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Jurnal Addabani. Artikel pertama ditulis oleh Desy Nazula dengan judul Membangun Iklim Organisasi Melalui Peran Kepala Madrasah dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja di MIN 1 Ponorogo. Artikel kedua ditulis oleh Nurdika Khoiriyah, Wahyu Hidayatdengan judul Pengelolaan Risiko dalam Menghadapi Tantangan Era Digital pada SMK Al-Hadi Kota Bandung.
Selanjutnya, pada artikel yang ketiga Juhana Nasrudin menjelaskan penelitiannya dalam judul The Transformation of Religio-Cultural in Society Technology 5.0 Perspective Thought Alfin Toffler and Al-Ghazali . Kemudian pada artikel keempat Syarif Hidayat, Meirani Rahayu Rukmanda melalui artikelnya yang berjudul Inovasi Pendidikan Islam di Era Industri 5.0: Menggagas Masa Depan yang Berdaya Saing . Berikutnya pada artikel yang kelima yang ditulis oleh Enjang, Didi Supandi dengan judul Analisis Lembaga Lingkungan Pendidikan. Dan artikel yang keenam ditulis oleh Aat Muslihat dengan judul Strategi Pemasaran Pondok Pesantren (NU) Al-Fatah.
-
ADDABANI: Interdisciplinary Journal of Islamic Education
Vol. 1 No. 1 (2023)Pada Vol. 01 No. 1 Tahun 2023 ini, Jurnal Addabani: Interdisciplinary Journal of Islamic Education menerbitkan enam artikel yang ditulis oleh penulis dengan latar belakang keilmuan yang beragam. Hal ini menggambarkan keragaman topik penelitian dalam kajian ilmu Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Jurnal Addabani. Artikel pertama ditulis oleh Nurfitriani Fitrotu Zakiah, Vina Prabaningtyas dengan judul Manajemen Strategis Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Global. Artikel kedua ditulis oleh Adi Pradana, Achmad Junaidi, Ahmadi dengan judul Implementasi Perbup Ponorogo No. 37 Tahun 2022 dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keagamaan. Selanjutnya, pada artikel yang ketiga Elda Sri Lestari, Muhamad Ridwan Effendi, Usep Setiawan menjelaskan penelitiannya dalam judul Strategi Pengembangan Program Muhadharah dalam Penguatan Karakter Religius Siswa di MA Darul Ulum Wanayasa. Kemudian pada artikel keempat Abdul Kosim, Jimatul Arrobi melalui artikelnya yang berjudul Analisis Linguistik Nilai-Nilai Pendidikan dalam Ayat tentang Qurbān Surat Ash-Shāfāt Ayat 102. Berikutnya pada artikel yang kelima yang ditulis oleh Akhmarina Nurpitroh, Mochamad Aripin dengan judul Analisis Lembaga Lingkungan Pendidikan. Dan artikel yang keenam ditulis oleh Gina Sopia, Asep Lukman Hamid dengan judul Strategi Pengabdian Kepada Masyarakat dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan yang Berkelanjutan di Kampus Ma’had Aisyah Bogor.