Pengaruh Transformasi Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah di SMP Muhammmadiyah 1 Godean
Keywords:
Transformasi Teknologi, Sistem Informasi manajemen, Literasi digital.Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh transformasi teknologi informasi terhadap sebuah lembaga pendidikan. Sebab dengannya, akan terlihat tingkat kualitas sebuah lembaga pendidikan dalam posisinya di zaman yang serba digital ini. Dan dengan transformasi teknologi informasi yang signifikan, maka akan membawa kepada efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan seluruh kegiatan di lembaga tersebut. Metode yang dilakukan pada peneltian ini adalah penelitian lapangan (field study) dengan objek penelitian adalah SMP Muhammadiyah 1 Godean. Penelitian dilakukan dengan cara observasi lapangan dan melakukan wawancara dengan beberapa narasumber penting yaitu pihak Kepala Sekolah, bagian Tata Usaha dan bagian Perpustakaan. Dari wawancara tersebut maka diperoleh hasil tentang proses transformasi teknologi informasi di SMP Muhammadiyah 1 Godean dan literasi digital yang telah diterapkan di sekolah ini. Adapun literasi digital yang diterapkan di sekolah terkait sistem informasi berupa sistem akademik, sistem pembelajaran, sistem perpustakaan, website sekolah, media sosial sekolah, sistem kehadiran guru dan karyawan, sistem keuangan dan sistem PPDB. Selain itu, hasil yang ditemukan adalah bahwa SMP Muhammadiyah 1 Godean telah menjadi bagian dari PISA (Programme for International Student Assessment) oleh karena pengaruh dari transformasi teknologi informasi yang berkelanjutan dan signifikan yang menjadikan sekolah ini mampu menjadi role model untuk sekolah lain yang setingkat dengannya.
References
Akbar, A K. “Penerapan Portal Union Catalog Server (UCS) Sulsellib.Net Di Provinsi Sulawesi Selatan,” 2015. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=SJaNoOcAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=SJaNoOcAAAAJ:u-x6o8ySG0sC.
Alfaini, A.U.H, Umi Fitriyatri Wulandari, and Nadlir. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Guna Meningkatkan Kinerja Sekolah Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sman 1 Gondang Mojokerto.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 11, no. 2 (2021): 202–14. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/alidarah.v11i2.9805.
Andayani, Endah. “Efektivitas Berbagai Macam Fitur Google Sebagai Media Pembelajaran Program Studi Pendidikan Ekonomi” 15, no. 2 (2021): 218–25.
Andrawina, Luciana, Amelia Kurniawati, and Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto. “Rancangan Framework Knowledge Management System Untuk Pengelolaan Parkir Berdasarkan Knowledge Management Triad.” Jurnal Rekayasa Sistem Dan Industri 1, no. 01 (2014): 173–77.
Anshori, Sodiq. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya 4, no. 1 (2020): 88–100.
Budiyono, Fajar. “Implementasi Blended Learning Di Masa Pandemi Covid 19.” Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020, no. September (2020): 1–12.
Danuri, Muhamad. “Development and Transformation of Digital Technology.” Infokam XV, no. II (2019): 116–23.
Fabiana Meijon Fadul. “Upaya Peningkatan Disiplin Kehadiran Guru Melalui Keteladanan Kepala Sekolah Di MTsN 3 Buton Tengah.” MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan 2, no. 2 (2019): 238–46. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/manajerial.v2i2.1392.
Ginting, Ramadhani. “Studi Kelayakan Aplikasi Kubuku E-Resources Berdasarkan Model Analisis PIECES Pada Perpustakaan Digital APMD Yogyakarta.” Media Pustakawan 27, no. 1 (2020): 36–47. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/683.
Hastuti, H., & Supriyono, S. “Transformasi Novel Laskar Pelangi Karya Ke Film Laskar Pelangi.” Lentera Pedagogi 5, no. 2 (2022): 80–87.
Hewi, La, and Muh Shaleh. “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini).” Jurnal Golden Age 4, no. 01 (2020): 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018.
Irawan, Yudie, Nanik Susanti, and Wiwit Agus Triyanto. “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Website Untuk Penyampaian Informasi Sekolah Dan Media Promosi Kepada Masyarakat.” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer 7, no. 1 (2016): 257. https://doi.org/10.24176/simet.v7i1.512.
Laugi, Saidah. “Sistem Informasi Berbasis Web Dalam Penyelenggaran Lembaga Pendidikan.” Shautut Tarbiyah 38 (2018): 109–26.
Loilatu, Siti Hajar, M Rusdi, and Musyowir Musyowir. “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (2020): 1408–22. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.520.
Luturmas, C. “Analisis Kesiapan Sekolah Dalam Pelaksanaan PPDB Online, UNBK Dan Dapodik Pada SMK Di Ambon,” 2019.
Magetsari, N. “Organisasi Dan Layanan Kearsipan.” Journal of Chemical Information and Modeling 3, no. 1 (2008): 1–171.
Mohamad Ridwan, Yuni Widiastiwi. Sistem Informasi Manajemen. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2021.
Muhidin, Rusli, N Faisal Kharie, and Muin Kubais. “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pada Sma Negeri 18 Halmahera Selatan Sebagai Media Promosi Berbasis Web.” IJIS - Indonesian Journal On Information System 2, no. 2 (2017): 91. https://doi.org/10.36549/ijis.v2i2.31.
Mulyapradana, Aria, Ary Dwi Anjarini, Nanang Hermanto, Politeknik Pusmanu, Jl Karangdowo No, Kabupaten Kedungwuni, Indonesia Pekalongan, and Informasi Artikel. “Pengelolaan Arsip Dinamis Inaktif Di Lembaga Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.” Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen 5, no. Pengelolaan Arsip Dinamis Inaktif di Lembaga Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (2021): 60–68. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/widyacipta.v5i1.10037.
Muzdalifah, Laily, and Hilmiatul Ilmiah. “Pengaruh Testimoni Dan Daya Tarik Instagram Terhadap Keputusan Pembelian.” Greenomika 2, no. 2 (2020): 105–13. https://doi.org/10.55732/unu.gnk.2020.02.2.3.
Pratiwi, Indah. “Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 4, no. 1 (2019): 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157.
Rabani, Silfi, Evi Nursanti Rukmana, and Asep Saeful Rohman. “Penerapan Aplikasi SLiMS 9 Versi Bulian Untuk Mewujudkan Katalog Elektronik Di Perpustakaan SMAN 1 Cicalengka.” ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan 2, no. 1 (2022): 1–12. https://doi.org/10.24821/jap.v2i1.6425.
Rusdiana, H. A, and Moch Irfan. “Sistem Informasi Manajemen.” Sistem Informasi Manajemen, 2014, 5–387.
Supendi, D. (2021). PPDB Berbasis Online Solusi Tingkatkan Kepuasan Pelanggan dan Mutu Layanan Sekolah. Bandung: Indonesia Emas Group.
Supendi, D., Nurdin, D., Prihatin, E., & Kurniatun, T. C. (2022). The Effect of Web-based New Student Admission Online on the Quality of School Services in Junior High Schools in Purwakarta Regency. In Proceeding of International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM) (Vol. 6, No. 1, pp. 332-341).
ST Nurjaningsih, Amatulloh Qonita. “Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Sistem Zonasi.” Jurnal Tata Kelola Pendidikan 1, no. 2 (2019): 127–38.
Ulpah, Maria. “Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan 12, no. 1 (2007): 57–65. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v12i1.224.
Wahyu Rusbandi Huni Nasution1), Muhammad Irwan Padli Nasution2), Sri Suci Ayu Sundari3. “9 Pendapat Ahli Mengenai Sistem Informasi Manajemen.” Jurnal Inovasi Penelitian 3, no. 4 (2022): 5893–96.
Yulia, Putri. “Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Berbasis Slims Di Upt Perpustakaan Iain Palangka Raya.” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 5, no. 1 (2020): 1–110.
Published
How to Cite
Issue
Section
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.