Strategi Menanamkan Nilai - Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan Nilai - Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan
Keywords:
Nilai, Akhlak, Inklusi, IntegrasiAbstract
SDS Inklusi Azaddy Al-Ghozali Jatinangor merupakan sekolah yang eksistensinya memberi penguatan nilai – nilai akhlak dengan integrasi pendidikan melalui daily routine. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam terkait integrasi pendidikan tersebut. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengacu pada teori Abdul Hamid. Terdapat 5 standar nilai – nilai yang harus dipertahankan, yaitu; 1) Tingkah Laku; 2) keindahan; 3) keadilan; 4) kebenaran: 5) efisiensi. Teori akhlak mengacu pada Imam Al-Ghazali. Terdapat 4 pembagian kriteria akhlak, yaitu; 1) kekuatan ilmu; 2) kekuatan marah yang terkontrol oleh akal; 3) kekuatan nafsu syahwat, 4) kekuatan keseimbangan. Teori Integrasi mengacu pada Anwar Sanusi meliputi : 1) kesatuan yang utuh; 2) tidak terpecah belah. Adapun teori inklusi mengacu pada teori Jamilah Candra Pratiwi. Sekolah inklusi tidak memandang dari 5 aspek, yaitu : 1) emosi; 2) fisik; 3) intelegensi; 4) social; 5) emosional. Berdasarkan hasil penelitian sekolah ini menanamkan nilai – nilai akhlak melalui strategi integrasi pendidikan dengan indikator neurosains, nutrisi dan stimulus. Aspek ini diimplementasikan terhadap anak normal maupun anak berkebutuhan khusus dalam menanamkan nilai – nilai akhlak.
References
Abdullah. 2005. Panduan Aqidah Lengkap. Bogor : Pustaka Ibnu Katsir
Abidin, Zainal. 2010. Integrasi Ilmu dan Agama. Bandung : Mizan Pustaka
Alwi dan Hasan. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Borrong, R. (2006). Etika Bumi Baru. Gunung Mulia.
Candra, Jamilah., 2015. “Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus,” dalam khazanah : Jurnal Pendidikan Luar Biasa
Effendi, M. R. (2020). Mitigasi Intoleransi dan Radikalisme Beragama di Pondok Pesantren Melalui Pendekatan Pembelajaran Inklusif. Paedagogie, I(I), 55–74. https://doi.org/doi.org/10.20211/pdg.01.1.05
Effendi, M. R. (2020). Mitigasi Intoleransi dan Radikalisme Beragama di Pondok Pesantren Melalui Pendekatan Pembelajaran Inklusif. Paedagogie| Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 56-75.
Gaunansyah, Ganes., 2020. “Integrasi Pendidikan Nilai dalam Membangun Karakter Siswa di Sekolah Dasar.” Kompas, 3 November
Hamid, Abdul., 2016. “Metode Internalisasi Nilai – Nilai Akhlak,” dalam khazanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol.14, No.2
Ibnu, Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher
Manpan Drajat, M. R. E. (2015). Etika Ptrofesi Guru. Alfabeta.
Muhamad Ridwan Effendi, Rudi M. Barnansyah, S. N. (2019). Model Pendidikan Inklusif Pondok Pesantren. Laboratorium PAI FIS UNJ. https://seminars.unj.ac.id/icic/
Effendi, M. R., Barnansyah, R. M., & Nurpratiwi, S. (2019). MODEL PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN INKLUSIF. PROCEEDING BOOK.
Effendi, M. Ridwan dan Manpan Drajat. Etika Profesi Guru. Cet. I: Bandung; Alfabeta, 2014.
Muspiroh, Novianti., 2013. “Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA,” dalam khazanah : Jurnal Kebijakan Pendidikan. Vol.Xxviii, No.3
Rohayati, Enok. 2011. “Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Akhlak” dalalam khazanah jurnal : Pendidikan Agama Islam. Vol. XVI, No.01
Yusuf, M.,2020. “Tren Kriminalitas Meningkat Saat PSBB Berjalan.” Fokus, 24 April
Published
How to Cite
Issue
Section
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.