Strategi Menanamkan Nilai - Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan

Nilai - Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan

Abstract

SDS Inklusi Azaddy Al-Ghozali Jatinangor merupakan sekolah yang eksistensinya memberi penguatan nilai – nilai akhlak  dengan integrasi pendidikan melalui daily routine. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui lebih dalam terkait integrasi pendidikan tersebut. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengacu pada teori Abdul Hamid. Terdapat 5 standar nilai – nilai yang harus dipertahankan, yaitu; 1) Tingkah Laku; 2) keindahan; 3) keadilan; 4) kebenaran:  5) efisiensi. Teori akhlak mengacu pada Imam Al-Ghazali. Terdapat 4 pembagian kriteria akhlak, yaitu; 1) kekuatan ilmu; 2) kekuatan marah yang terkontrol oleh akal; 3) kekuatan nafsu syahwat, 4) kekuatan keseimbangan. Teori Integrasi mengacu pada Anwar Sanusi meliputi : 1) kesatuan yang utuh; 2) tidak terpecah belah. Adapun teori inklusi mengacu pada teori Jamilah Candra Pratiwi. Sekolah inklusi tidak memandang dari 5 aspek, yaitu : 1) emosi; 2) fisik; 3) intelegensi; 4) social; 5) emosional. Berdasarkan hasil penelitian sekolah ini menanamkan nilai – nilai akhlak melalui strategi integrasi pendidikan dengan indikator neurosains, nutrisi dan stimulus. Aspek ini diimplementasikan terhadap anak normal maupun anak berkebutuhan khusus dalam menanamkan nilai – nilai akhlak.

Published
Jan 23, 2021
How to Cite
AINI, Aida Noer; NURJANAH, Euis; EFFENDI, Muhamad Ridwan. Strategi Menanamkan Nilai - Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan. Paedagogie | Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 34-47, jan. 2021. ISSN 2723-5971. Available at: <https://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/paedagogie/article/view/80>. Date accessed: 01 mar. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.20211/pdg.02.1.04.