Pengaruh Video Visual terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak KB Darul Ilmi Purwakarta
Keywords:
Media Pembelajaran, Pengenalan Huruf Hijjaiyah, Video VisualAbstract
Pengenalan huruf hijaiyah merupakan suatu proses stimulasi yang dilakukan oleh guru dalam menstimulasi perkembangan bahasa dan nilai agama pada Anak Usia dini. Huruf Hijaiyah bagi orang islam menjadi kebutuhan dasar dalam memahami kedua pedoman hidup yaitu Al Quran dan hadits. Namun terdapat keterbatasan media dan kemampuan sumber daya manusia dalam mengenalkan huruf hijaiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video visual dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuanttitatif eksperimen terhadap 50 sample anak usia 4-5 tahun yang diperoleh melalui tehnik random sampling. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menghitungnya menggunakan spss type 25,0. Hasil penelitian ini menunjukan tiga data yaitu, jika dilihat dari nilai “paired sample test, tidak ada pengaruh yang signifikan karena nilai t hitung kurang dari t table, kemudian jika dilihat dari hasil “indenpenden test, adanya pengaruh yang signifikan karena sig ( 2-tailend) kurang dari 0,005, selain itu dilihat dari peningkatan hasil pre-tes ke post-tes atau disebut dengan gain adanya peningkatan yng signifikan terbukti dengan hasil nilai gain 30,16 untuk kelas eksperimen dan 16,12 untuk kelas control. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video visual memiliki pengaruh terhadap pengenalan huruf hijaiyah pada anak.
References
Anwar Chairul, Hakikat Manusia dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis. (Yogyakarta: Suka Press, 2014).
Asfiyaturrofiah, I., Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Media Flash Card Pada Anak Kelompok A Di RA Al Huda. (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2014).
Carol Seefeldt & Barbara A Wasik, Pendidikan Anak Usia Dini. ( Jakarta : Indeks, 2006).
Fadlillah, N, Buku Ajar Bermain dan Permaianan Anak Usia Dini. (Jakarta: Prenada Media group, 2016).
Flood, Laap, Quantum Learning.Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.
(Bandung: PT Mizan Pustaka, 1981).
Hadi, S., Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. (Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 Tema: 1 Nomor: 15, Mei 2017).
Hapsari Iriani Indri, Psikologi Perkembangan Anak. (Jakarta: Index, 2017).
Muhyidin dkk, Ensiklopedia Pendidikan Anak Usia Dini 6. Assesmen Perkembangan Anak. (Yogyakarta: Insan Madani, 2021).
Mulyasa, Manajemen PAUD. (Bandung : PT.Remaja Rosdakarya, 2002).
Purnamasari, M & Setiawan,U., Pengenalan Huruf Hijaiyyah Melalui Media Kartu Gambar Di Tpa Kampung Tagal Heas Purwakarta. (Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, Vol. 3, No. 2, Maret 2023).
Rasyid Harun dkk, Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. ( Yogyakarta: Multi Pressindo, 2009).
Sholihat, S.S., Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah dengan Media Papan Flanel pada Anak Usia 5-6 Tahun. (JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, Volume 2, Nomor 2, September 2019).
Sujiono, Y.N, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta :PT Indeks, 2013).
Sugiyono, Metode Penelitian. (Bandung: Afabeta, 2016).
Susanto Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011).
Suyanto Slamet, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2005).
S.SadimanArif dkk, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006)
Zaini Moh dan Moh. Rais Hat, Belajar Mudah Membaca Al Quran dan Tempat Keluarnya Huruf. (Jakarta : Darul Ulum Press, 2003).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Ilis kandarisah, Miftachul Jannah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright and Licensing Policy
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allows authors to retain the copyright of their work and to retain publishing rights. By submitting and publishing with this journal, authors agree to the following terms:
-
Copyright remains with the author(s), and they grant the journal the right of first publication. The work is published under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which permits use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited and any derivative works are distributed under the same license.
-
Authors are allowed to enter into additional non-exclusive distribution agreements (e.g., posting to institutional repositories, publishing in books), with acknowledgment of the work's initial publication in this journal.
-
Authors are encouraged to disseminate their work online (e.g., in repositories or on personal websites) before and during the submission process to increase visibility and impact.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam supports open access and affirms that libre access with a CC BY-SA license or its equivalent is the optimal approach for scholarly communication. We prioritize free and open dissemination while encouraging the reuse and adaptation of published content under fair and equitable terms.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.