Pengaruh Video Visual terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak KB Darul Ilmi Purwakarta

https://doi.org/10.52593/pdg.05.1.04

Authors

  • Ilis kandarisah STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta
  • Miftachul Jannah STAI DR KH EZ Muttaqien Purwakarta

Keywords:

Media Pembelajaran, Pengenalan Huruf Hijjaiyah, Video Visual

Abstract

Pengenalan huruf hijaiyah merupakan suatu proses stimulasi yang dilakukan oleh guru dalam menstimulasi perkembangan bahasa dan nilai agama pada Anak Usia dini. Huruf Hijaiyah bagi orang islam menjadi kebutuhan dasar dalam memahami kedua pedoman hidup yaitu Al Quran dan hadits. Namun terdapat keterbatasan media dan kemampuan sumber daya manusia dalam mengenalkan huruf hijaiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video visual dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kuanttitatif eksperimen terhadap 50 sample anak usia 4-5 tahun yang diperoleh melalui tehnik random sampling. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menghitungnya menggunakan spss type 25,0. Hasil penelitian ini menunjukan tiga data yaitu, jika dilihat dari nilai “paired sample test, tidak ada pengaruh yang signifikan karena nilai t hitung kurang dari t table, kemudian jika dilihat dari hasil “indenpenden test, adanya pengaruh yang signifikan karena sig ( 2-tailend) kurang dari 0,005, selain itu dilihat dari peningkatan hasil pre-tes ke post-tes atau disebut dengan gain adanya peningkatan yng signifikan terbukti dengan hasil nilai gain 30,16 untuk kelas eksperimen dan 16,12 untuk kelas control. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video visual memiliki pengaruh terhadap pengenalan huruf hijaiyah pada anak.

References

Anwar Chairul, Hakikat Manusia dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis. (Yogyakarta: Suka Press, 2014).

Asfiyaturrofiah, I., Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Media Flash Card Pada Anak Kelompok A Di RA Al Huda. (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2014).

Carol Seefeldt & Barbara A Wasik, Pendidikan Anak Usia Dini. ( Jakarta : Indeks, 2006).

Fadlillah, N, Buku Ajar Bermain dan Permaianan Anak Usia Dini. (Jakarta: Prenada Media group, 2016).

Flood, Laap, Quantum Learning.Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.

(Bandung: PT Mizan Pustaka, 1981).

Hadi, S., Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. (Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 Tema: 1 Nomor: 15, Mei 2017).

Hapsari Iriani Indri, Psikologi Perkembangan Anak. (Jakarta: Index, 2017).

Muhyidin dkk, Ensiklopedia Pendidikan Anak Usia Dini 6. Assesmen Perkembangan Anak. (Yogyakarta: Insan Madani, 2021).

Mulyasa, Manajemen PAUD. (Bandung : PT.Remaja Rosdakarya, 2002).

Purnamasari, M & Setiawan,U., Pengenalan Huruf Hijaiyyah Melalui Media Kartu Gambar Di Tpa Kampung Tagal Heas Purwakarta. (Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian dan Inovasi, Vol. 3, No. 2, Maret 2023).

Rasyid Harun dkk, Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. ( Yogyakarta: Multi Pressindo, 2009).

Sholihat, S.S., Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah dengan Media Papan Flanel pada Anak Usia 5-6 Tahun. (JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, Volume 2, Nomor 2, September 2019).

Sujiono, Y.N, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta :PT Indeks, 2013).

Sugiyono, Metode Penelitian. (Bandung: Afabeta, 2016).

Susanto Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini. (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011).

Suyanto Slamet, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2005).

S.SadimanArif dkk, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006)

Zaini Moh dan Moh. Rais Hat, Belajar Mudah Membaca Al Quran dan Tempat Keluarnya Huruf. (Jakarta : Darul Ulum Press, 2003).

Published

2024-01-31

How to Cite

kandarisah, I., & Jannah, M. (2024). Pengaruh Video Visual terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak KB Darul Ilmi Purwakarta. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(01), 57–77. https://doi.org/10.52593/pdg.05.1.04