Pengaruh Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Akhlak Siswa Kepada Teman di MTs MAI Purwakarta
Keywords:
Kecerdasan, Emosi, Akhlak, Teman SebayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional siswa, akhlak siswa kepada teman dan sejauhmana pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap akhlak siswa kepada teman di kelas VIII E MTs. MAI Purwakarta. Pendekatan kuantitatif dengan metode studi korelasional adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Jenis data dikelompokkan menjadi dua kategori, primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan cara menganalisis data yang tersedia, serta menarik kesimpulan. Teori tentang kecerdasan emosional menghasilkan indikator kemampuan siswa untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain.dan teori akhlak merupakan variabel independent yang mempengaruhi baik dan buruknya akhlak seseorang adalah memiliki kecerdasan emosional yang baik. Hasil penelitian dari data yang telah dianalisis dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata kecerdasan emosional siswa baik. Hasil perhitungan terhadap data sampel diperoleh nilai kecerdasan emosional siswa = 76,13%. Rata-rata akhlak siswa kepada teman baik. Hasil perhitungan terhadap data sampel diperoleh nilai akhlak siswa kepada teman = 75,49%. Pengaruh kecerdasan emosional siswa berpengaruh terhadap akhlak siswa kepada teman, meskipun nilai pengaruhnya hanya 37,80% dan memiliki nilai korelasi 0,615 yang dapat dikategorikan bahwa pengaruh antara kedua variabel kuat. Sehingga kecerdasan emosional siswa perpengaruh secara nyata dan positif terhadap akhlak siswa kepada teman sebesar 37,80%, dan sisanya 62,20% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
References
Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta
Az-Zarnuji, Syekh. 2009. Panduan Akhlak Guru dan Murid; Terjemahan dari Kitab
At-Ta’lim al-Muta’alim. Demak: Pustaka Ilmu
Depdiknas, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka
Indonesia
Djatnika, Rahmat. 1996. Akhlak Mulia. Jakarta: Pustaka
Golman, Daniel. 2002. Emitional Intelligence (Terjemahan). Jakata: Gramedia
Pustaka Utama
Manpan Drajat, M. R. E. (2015). Etika Ptrofesi Guru. Alfabeta.
Effendi, M. Ridwan dan Manpan Drajat. Etika Profesi Guru. Cet. I: Bandung; Alfabeta, 2014.
Effendi, M. R., & Nurpratiwi, S. (2021). H Hubungan Keberagamaan dan Perilaku Altruistik Mahasiswa. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4(1).
Nurpratiwi, M. R. E. dan S. (2021). Hubungan Keberagamaan dan Perilaku Altruistik Mahasiswa. Al-Afkar, 4(1), 83–97. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v4i1.181
Pamungkas, M. Imam. 2012. Akhlak Muslim Modern. Bandung Marja
Ramayulis. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Saebani, Beni Ahmad. 2010. Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia
Suharsono. 2005. Melejitkan IQ, EQ, SQ. (Depok: Inisiasi Press
Syah, Darwyan. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Gaung Persad
Press
Published
How to Cite
Issue
Section
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.