Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Campaka
Keywords:
Pembelajaran Tatap Muka, Hasil Belajar PAIAbstract
Pandemi Covid-19 telah terjadi didunia khususnya pada negara indonesia yang telah memberikan tantangan dalam berbagai aspek kehidupan termasuk pada dunia pendidikan. Kebijakan pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan pada masa pandemi namun kebijakan tersebut terus menerus di lakukannya revisi agar dapat mengatasi permasalahan pada kebijakan sebelumnya. Kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas yang sesuai dengan SKB 4 diambil saat ini telah mengizinkan lembaga sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Kemudian pembelajaran tatap muka dapat dimulai pada juli 2021, PTM dapat dilakukan bergiliran setiap kelasnya jadi tidak semua masuk berbarengan sudah mempunyai jadwalnya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana PTM di laksanakan terhadap hasil belajar pendidikan agama islam, sehingga dapat menjadi gambaran ke depannya sebagai bahan acuan dan perbaikan untuk nantinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif, yang dilaksanakan pada bulan September-November 2021 yang beralokasi di SMA N 1 Campaka. Subjek pada penelitian adalah kelas XI IPA 2 tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, lembar observasi, dokumentasi, hasil belajar siswa yang di peroleh 47,05% dapat dikatakan cukup dalam proses pembelajaran. Hasil belajar peserta didik ini dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal klasikal, hal ini disesuaikan dengan peraturan PTM pada era new normal.
References
Sry Wahyuningsih. 2021. “Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid-19â€. Youtube.
Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta CV.
Supendi, D. (2021). “PPDB Berbasis Online Solusi Tingkatkan Kepuasan Pelanggan dan Mutu Layanan Sekolahâ€. Bandung: Indonesia Emas Group.
Dewi Masyithoh, N. A. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pada Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah. Sigma : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 13 No.2, 160-165.
Supendi, D. (2021). Persepsi Mahasiswa STAI DR KH.EZ. Muttaqien Dalam Perkuliahan Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(01), 7–18.
Mitra Kasih La Ode Onde, H. A. (2021) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3 No.6, 4400-4406.
Widoyoko, Eko Putro. 2016. Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Rohayati, Selamet, Dede Supendi, and Munawar Sanusi. "Pengaruh Emotional Quotient (EQ) Terhadap Akhlak Siswa Kepada Guru Kelas X 2 di MA Daarul Ma'arif Pasawahan." Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam 3.01 (2022): 25-34.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright and Licensing Policy
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allows authors to retain the copyright of their work and to retain publishing rights. By submitting and publishing with this journal, authors agree to the following terms:
-
Copyright remains with the author(s), and they grant the journal the right of first publication. The work is published under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which permits use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited and any derivative works are distributed under the same license.
-
Authors are allowed to enter into additional non-exclusive distribution agreements (e.g., posting to institutional repositories, publishing in books), with acknowledgment of the work's initial publication in this journal.
-
Authors are encouraged to disseminate their work online (e.g., in repositories or on personal websites) before and during the submission process to increase visibility and impact.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam supports open access and affirms that libre access with a CC BY-SA license or its equivalent is the optimal approach for scholarly communication. We prioritize free and open dissemination while encouraging the reuse and adaptation of published content under fair and equitable terms.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.