Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Modifikasi Game Plants vs Zombie pada Mata Pelajaran PAI

https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.02

Authors

  • Pramarine Nevyasandi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Qurrota Aa'yuni Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Selvia Armianda Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Syarifah Nahdliyah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Alaika M Bagus Kurnia Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Keywords:

Learning Media, Plants vs Zombies Game, Islamic Religious Education

Abstract

Di zaman sekarang, bukan lagi permainan sederhana yang digemari oleh anak-anak, akan tetapi lebih kepada game yang berbentuk aplikasi software. Salah satu game yang marak dimainkan oleh anak pada zaman sekarang ialah Game Plants vs Zombie. Di sisi lain, Inovasi terkait pembelajaran sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas pembelajaran serta dapat mengoptimakan penerimaan materi pada peserta didik. Guru harus bisa menciptakan  sebuahainovasi dalam pembelajaran misalnya metode, media maupun model pembelajaran. Maka dari itu, dalam pembuatan media pembelajaran harus memperhatikan kegemaran peserta didik. Salah satunya yakni media pembelajaran yang diadopsi dari permainan Game Plants vs Zombie yang dimaksudkan untuk meningkatkan keaktifan serta hasil belajarapeserta didik padaapembelajaran pendidikan agamaaislam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yakni metode observasi, wawancara, dan kuesioner yang dilaksanakan dengan menerapkan media pembelajaran Plant vs Zombie di SMPN 3 Sidoarjo. Adapun hasil penelitian adalah keefektifan dari penerapan media pembelajaran berbasis Game Plants vs Zombie dalam membangkitkan peran aktif peserta didik.

References

Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, 01(01).

’Arif S, S., & dkk. (2011). Media Pendidikan, pengertian, pengembangan dan pemanfaatan. PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Heni, A. N., & dkk. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Student Centered Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas Xi Di Ma Bahrul Ulum Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. JOM FTK UNIKS, 01(01).

Emosda, E., & ’Putri, E. (2018). Hubungan gaya mengajar guru dengan keaktifan belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1).

Hamzah, Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. (Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasan, Muhammad, dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: TAHTA MEDIA GROUP.

Madjid, Abdul.,Dian Andayani. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2).

Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Remaja Rosda Karya.

Nana, S. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Payon, Farida Feni., & dkk. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 9(2).

Asyraf,Rayandra Asyraf. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1).

Syafei’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah, 6.

Usman, U. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. P.T Remaja Rosdakarya.

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Zuhairini. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Press.

Published

2022-07-27

How to Cite

Nevyasandi, P., Aa’yuni, Q. ., Armianda, S., Nahdliyah, S., & Bagus Kurnia, A. M. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Modifikasi Game Plants vs Zombie pada Mata Pelajaran PAI. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 119–135. https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.02