Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an
Keywords:
Al-Qur’an Hadits Model Pembelajaran Quantum LearningAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X MA Al- Ahliyah pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist karna kurangnya metode pembelajaran yang digunakan dan proses pembelajaran yang kurang inovatif sehingga peserta didik kurang aktif dan berpartisifasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hasil belajar siswa kelas exsperimen yang sebelum di terapkan model pembelajaran Quantum Learning 2) hasil belajar siswa kelas exsperimen yang sesudah di terapkan model pembelajaran Quantum Learning 3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Quantum Learning pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist di MA Al Ahliyah. Dalam proses pembelajaran penggunaan model pembelajaran merupakan suatu aspek penting yang diperlukan guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Menurut sohimin (2014:183) Penggunaan model pembelajaran Quantum Learning cocok untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada karna tipe pembelajaran tersebut menekankan kepada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan materi selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Quasi eksperimen desain non-equivalent control group design dan teknik sample total dengan data homogen yang dijadikan sampel sejumlah 70 siswa dari 70 populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji paired sample t-test dan uji indefendent sample t-test. Teori Jean Piaget dan teori vygotsky tentang kooperative dan teori taksonomi bloom. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum perlakuan diperoleh rata-rata sebesar 65.59 sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol sebelum perlakuan diperoleh 64.31. (2) Hasil belajar siswa kelas Eksperimen setelah perlakuan diperoleh rata-rata 85.20 sedangkan hasil belajar dengan metode yang sama kelas kontrol diperoleh 72.09 sehingga dapat disimpulkan Adanya Pengaruh Model pembelajaran Quantum Learning Terhadap hasil belajar siswa .
References
Ambariah, A., Purnamasari, R., Kusnandar, E., & Supendi, D. (2023). PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI PADA ANAK USIA DINI DI TK SEJAHTERA CITEKO KECAMATAN PLERED. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 1(2), 105-111.
Anshori, (2009). Metodologi penelitian kuantitatif (S. Iswati (Ed.)). Ar-ruzz media.
Baharuddin. (2020). Teori Belajar dan pembelajaran (A. Safa (Ed.); II).
Edy syahputra (2020). snowbal throwing tingkatkan minat dan hasil belajar ( dirza inovatif dan efektif (Efi Miftah Faridli). ALFABETA.
Gunawan, A., Tabroni, I., & Supendi, D. (2023). Online Learning: The Widespread Use of Google Forms as a Learning Media for Students in the Midst of the Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Applied and Industrial Sciences (ESA), 2(1), 119-132.
Jufpriyadi, (2018). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Taman siswa teluk Betuang, Skripsi : Universitas islam Negri (UIN)
Jurnal BUKU_MODEL & METODE Pembelajaran- (n.d.). M.Ali Gunawan (2015). Statistik pendidikan.
Miftahul huda, M. P. (2017). Model Model Pengajaran dan Pembelajaran (S. Z. Qudsy (Ed.); VI).
Nurdyansyah, & Fahyuni, (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center. Tukiran Taniredja, & Sri Harmianto. (2017). model model pembelajaran
Purwanto, (2016). Evaluasi Hasil belajar (S. Budi santoso (Ed.); cetakan VI).
Putut bayuaji, (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SFAE dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negri 1 Tanjung, Jurnal : FKIP UNIVERSITAS Mataram.
Riadi (2016). statistik penelitian (Th. Arie prabawati (Ed.); 25 ed.).
Setyanto, A. E. (2015). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. 3, 37–48.
Sugioyono. (2019). metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (ALFABETA (Ed.); 27 ed.).
Sugioyono. (2021). Metode penelitian pendidikan (April Nuryanto (Ed.); 2 ed.).
Sunaiyah, (2018). Pengeruh model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas X Di SMK SMTI Bandar Lampung, Skripsi : Universitas islam Negri (UIN). vonny Kirana (Ed.)). 2020.
Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif : Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial lainnya,ed 1,cet 3, (Jakarta: Kencana, 2008), hal. 102
DR.Deni Darmawan, Metode Penelitian kuantitatif (bandung : PT Remaja Rosd karya, 2019),hal 37
E.Mulyasa, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: Remaja Rosdakarya,2011), hal.37-38
Made Pidarta, Landasan Kependidikan, Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. (Jakarta: Rineka Cipta, 2009), hlm. 30
Octavia, V. S., Gussevi, S., & Supendi, D. (2023). Pentingnya Peran Orang Tua Terhadap Kebersihan Gigi dan Mulut Anak Usia Dini. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(1), 42-47.
Rindiyani, R., Dharma, S. H., & Supendi, D. (2022). Pemberdayaan Remaja Masjid Dalam Meningkatkan Minat Mengaji Siswa Sekolah Dasar Desa Cipeundeuy. Jurnal INDONESIA RAYA (Pengabdian pada Masyarakat Bidang Sosial, Humaniora, Kesehatan, Ekonomi dan Umum), 3(1), 25-32.
Rosmerry, R. F., & Supendi, D. (2022). Penyuluhan terhadap Orang Tua dalam Mendidik Prilaku Beribadah Anak. Jurnal Abmas, 22(1), 23-26.
Samsuloh, M., Adriansah, A., & Supendi, D. (2023). Pendampingan Membangun Kesadaran Masyarakat dalam Mengelola Sampah di Sungai Cihanjawar. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods).cet.7,(Bandung : Alfabeta, 2015) hal. 119
Supendi, D. (2023). Korelasi Pengembangan Nilai Karaker Pendidikan Kepramukaan dengan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam, 4(01), 49-64.
Supendi, D. (2023). PENDAMPINGAN PROGRAM BTQ SISWA-SISWI MDTA HIDAYATUSSIBYAN. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(1), 16-25.
Supendi, D. (2022). Balada Essay 21 Opini Catatan Kecil. LPP Balai Insan Cendekia.
Supendi, D., & Bumi, A. R. (2023). Pendampingan Menghafal Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Ummi Di Pengajian Qurrata A’yun. Dedicate: Journal Of Community Engagement In Education, 2(01), 1-12.
Supendi, D., Supiana, P., & Ardiansyah, H. (2023). Pendampingan Pembentukan IKROMAH sebagai Upaya Preventif Kenakalan Remaja di Kampung Pasir Banteng Desa Cihanjawar. JANKA: Jurnal PengabdiAN Kepada MasyaraKAt, 2(2), 62-67.
Widyawati, W., Husna, A. I. N., & Supendi, D. (2023). Parenting Pola Asuh Orang Tua Untuk Meningkatkan Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul, 1(1), 35-41.
Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009), hlm. 38
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 AZKIATUN NISA AZIMAH, Dede Supendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright and Licensing Policy
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allows authors to retain the copyright of their work and to retain publishing rights. By submitting and publishing with this journal, authors agree to the following terms:
-
Copyright remains with the author(s), and they grant the journal the right of first publication. The work is published under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which permits use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited and any derivative works are distributed under the same license.
-
Authors are allowed to enter into additional non-exclusive distribution agreements (e.g., posting to institutional repositories, publishing in books), with acknowledgment of the work's initial publication in this journal.
-
Authors are encouraged to disseminate their work online (e.g., in repositories or on personal websites) before and during the submission process to increase visibility and impact.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam supports open access and affirms that libre access with a CC BY-SA license or its equivalent is the optimal approach for scholarly communication. We prioritize free and open dissemination while encouraging the reuse and adaptation of published content under fair and equitable terms.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.