Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penggunaan Media Pembelajaran

https://doi.org/10.52593/pdg.04.2.05

Authors

  • Yuyun Bahtiar Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Indonesia
  • Khoirun Nisak Universitas KH. A. Wahab HasIbullah, Jombang, Indonesia
  • Nur Khasibah MA Darul Ulum Tuban, Indonesia

Keywords:

Kreativitas Guru, PAI, Media Pembelajaran, Minat Belajar Siswa

Abstract

Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting dalam meningkatkan aktivitas siswa. PAI kini kehilangan derajat moralnya karena minat belajar agama sudah sangat menurun. Oleh karena itu dengan menciptakan suasana belajar yang kreatif melalui penggunaan media pembelajaran yang kreatif dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI. 2) Mendeskripsikan kreativitas guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran siswa di kelas. 3) Mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap kreativitas guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media yang digunakan di Madrasah Alyah Al Madinah Global School adalah media auditif seperti rekaman Al Quran dan doa-doa. Media visual seperti papan tulis dan bola dunia. Media audio visual seperti Video Pembelajaran. 2) Bentuk kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran di kelas VII Madrasah Alyah Al Madinah Global School adalah penggunaan power point, potongan surat (kelompok), video pembelajaran dan media lingkungan sekitar. 3) Respon siswa terhadap kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran di kelas VII Madrasah Alyah Al Madinah Global School cukup baik, sebagian siswa aktif memperhatikan, menjelaskan, mencatat dan bertanya.

References

Ananda, R. M. M. (2020). Pemanfaatan Video Blog (Vlog) Sebagai Media Pembelajaran Speaking Pada Siswa SMA Kelas XI di Yayasan Pendidikan Nur Hasanah Medan. Jurnal Visipena, 11(2), 1–11.

Emiyati, A., & Aran Hendri Kurniawan, Mp. (2022). Media Pembelajaran (Vol. 1).

Fahrurrazi. (2020). Pengaruh kepemimpinan sikap inovatif kompetensi dan budaya organisasi (Vol. 1). Widina Bhakti Persada Bandung.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Media, 1(4), 104. www.juliwi.com

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1.

Ghifar, R. Y. A. E. Y. S. W. F. (2019). Peningkatankreativitas Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 1–10.

Handayaningsih, R., Hidayanto, E., & Qohar, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Teams Games and Tournament Secara Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 230. https://doi.org/10.25273/JIPM.V10I2.8639

Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (2021). Media Pembelajaran (Vol. 1).

Meiyetti, dan, Surip, M., & Pend Bahasa dan Sastra, P. (2021). Menjadi Guru Yang Kreatif Dan Inovatif di Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV, 1(1), 1–6.

Sahputra Napitupulu, D. (2019). Proses Pembelajaran Melalui Interaksi Edukatif Dalam Pendidikan Islam. 8(1).

Supendi, D. (2015). Mengukur Kompetensi Guru. Bandung: Harian Umum Pikiran Rakyat, 10 Nopember 2015 halaman 6

Supendi, D. (2022). Balada Essay; 21 Opini Catatan Kecil. Solok: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Telaumbanua, N. A., Lase, D., & Ndraha, A. (2021). Kreativitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di SD Negeri 075082 Marafala. HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 10–28. https://doi.org/10.36588/HJIM.V1I1.63

Vidya Fakhriyani, D. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. 4(2).

Published

2023-07-31

How to Cite

Bahtiar, Y., Nisak, K., & Khasibah, N. (2023). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(02), 147–162. https://doi.org/10.52593/pdg.04.2.05