Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penggunaan Media Pembelajaran
Keywords:
Kreativitas Guru, PAI, Media Pembelajaran, Minat Belajar SiswaAbstract
Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting dalam meningkatkan aktivitas siswa. PAI kini kehilangan derajat moralnya karena minat belajar agama sudah sangat menurun. Oleh karena itu dengan menciptakan suasana belajar yang kreatif melalui penggunaan media pembelajaran yang kreatif dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI. 2) Mendeskripsikan kreativitas guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran siswa di kelas. 3) Mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap kreativitas guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media yang digunakan di Madrasah Alyah Al Madinah Global School adalah media auditif seperti rekaman Al Quran dan doa-doa. Media visual seperti papan tulis dan bola dunia. Media audio visual seperti Video Pembelajaran. 2) Bentuk kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran di kelas VII Madrasah Alyah Al Madinah Global School adalah penggunaan power point, potongan surat (kelompok), video pembelajaran dan media lingkungan sekitar. 3) Respon siswa terhadap kreativitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran di kelas VII Madrasah Alyah Al Madinah Global School cukup baik, sebagian siswa aktif memperhatikan, menjelaskan, mencatat dan bertanya.
References
Ananda, R. M. M. (2020). Pemanfaatan Video Blog (Vlog) Sebagai Media Pembelajaran Speaking Pada Siswa SMA Kelas XI di Yayasan Pendidikan Nur Hasanah Medan. Jurnal Visipena, 11(2), 1–11.
Emiyati, A., & Aran Hendri Kurniawan, Mp. (2022). Media Pembelajaran (Vol. 1).
Fahrurrazi. (2020). Pengaruh kepemimpinan sikap inovatif kompetensi dan budaya organisasi (Vol. 1). Widina Bhakti Persada Bandung.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Media, 1(4), 104. www.juliwi.com
Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1.
Ghifar, R. Y. A. E. Y. S. W. F. (2019). Peningkatankreativitas Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 1–10.
Handayaningsih, R., Hidayanto, E., & Qohar, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Teams Games and Tournament Secara Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 230. https://doi.org/10.25273/JIPM.V10I2.8639
Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (2021). Media Pembelajaran (Vol. 1).
Meiyetti, dan, Surip, M., & Pend Bahasa dan Sastra, P. (2021). Menjadi Guru Yang Kreatif Dan Inovatif di Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV, 1(1), 1–6.
Sahputra Napitupulu, D. (2019). Proses Pembelajaran Melalui Interaksi Edukatif Dalam Pendidikan Islam. 8(1).
Supendi, D. (2015). Mengukur Kompetensi Guru. Bandung: Harian Umum Pikiran Rakyat, 10 Nopember 2015 halaman 6
Supendi, D. (2022). Balada Essay; 21 Opini Catatan Kecil. Solok: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.
Telaumbanua, N. A., Lase, D., & Ndraha, A. (2021). Kreativitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di SD Negeri 075082 Marafala. HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 10–28. https://doi.org/10.36588/HJIM.V1I1.63
Vidya Fakhriyani, D. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. 4(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.