Konsep Pendidik Tinjauan Hadist dan Aktualisiasinya dalam Pendidikan
Keywords:
Educator, Hadith, Hadith Perspective, Konsep, Pendidik, Hadis, PendidikanAbstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pandangan teks-teks hadist mengenai konsep pendidik sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw dan mengaktualisasikannya dalam pendidikan. Adanya sebagian individu yang hanya mementingkan aspek materialistic seolah menunjukan keserakahan membuat dunia pendidikan mulai bergeser dan tidak hakiki, hal tersebut tidak terlepas pula dari figure pendidik. Sebagai seorang muslim sudah seharusnya menelaah teks-teks hadis sebagai cara untuk mengenal Nabi Muhammad Saw sehingga dijadikan role model oleh para pendidik saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan studi pustaka. Pendekatan yang digunakan yaitu content analisis dengan cara menelaah isi. Hasil penelitian menujukan bahwa teks-teks hadis mengisyaratkan konsep pendidik meliputi kedudukan, tugas, karakteristik pendidik dan menjadi gambaran aktualisasi konsep pendidik masa kini. Hadis-hadis Nabi Muhammad Saw memuat konsep pendidik yang ideal dalam islam dan berkesinambungan dengan konsep pendidik dalam teori modern. Konsep pendidik dalam hadis nabi relevan untuk diaktulisasikan dalam pendidikan.
References
Al-Bukhar, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail. Al-Jami Ash-Shahih Jilid 6. Riyadh: Mathba’ah Salafiyah, 1980.
Al-Ghazali. Akhlak Seorang Muslim. Semarang: Wijaksana, 2000.
Arifin, Zaenal. Studi Kitab Hadis. Surabaya: Pustaka Al Muna, 2010.
‘Asqalani, Ibnu Hajar al-. Fath Al-Bari Syarh Sahih al-Bukhari Jilid XI. Bairut: Dar al-Fikr, n.d.
At-Tirmidzi, Muhammad bin Isa. Jami At-Tirmidzi. Riyadh: Bayt al-Afkar al-Dawliyah, n.d.
Baskoro, Agung. “Hadis-Hadis Rasulallah saw. Tentang Pendidik.†Almufida 2, no. 02 (2017).
Djollong, Andi Fitriani. “Kedudukan Guru Sebagai Pendidik.†Istiqra 4, no. 2 (2017): 122.
Giantara, Febri. “Sifat-Sifat Pendidik Prespektif Hadis Nabi.†Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2022): 67.
Hasanah. “Hubungan Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Perspektif Hadis.†Jurnal Semdi Unava 1, no. 1 (2017): 24.
Hidayat, Rahmat. Menuntun Arah Pendidikan Islam Di Indonesia. Medan: LPPPI, 2016.
Khaeruman, Badri. Studi Periwayatan Dan Pengaruhnya Dalam Kualitas Hadis. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2015.
Khakiim, Ulum. “Guru Sebagai Role Model Individeu Berkarakter Bagi Peserta Didik Untuk Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Pendidikan.†Jurnal Karya Ilmiah Dosen 3, no. 2 (2017): 226.
Mukhlish, Mukhlish. “Pendidik Dalam Perspektif Hadits Rasulullah SAW.†Jurnal Sains Riset 9, no. 1 (March 18, 2019): 82–85. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i1.54.
Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.†Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11, no. 1 (2017).
Nata, Abudin. Abuddin Nata, Paradigma Pendidikan Islam, (Jakarta : Grasindo,2001), 134. Jakarta: Grasindo, 2020.
Novan. Ilmu Pendidikan Islam : Rancang Bangun Konsep Pendidikan Monokotomik- Holistik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2021.
Qasim, Hamzah Muhammad. Syarh Mukhtasar Sahih Al-Bukhari. Damaskus: Maktabah Dar al-Bayan, 1990.
Salim. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Setiawan, Ilham Agam. “Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Perspektif Hadits.†SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan 2, no. 02 (2017).
Siregar, Isropil. “Hakikat Pendidik Menurut Hadis Nabi.†Khazanah : Journal of Islamic Studies 1, no. 4 (2022).
Suryosubrata. Beberapa Aspek Dasar Kependidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1990.
Supendi, D. (2015). Mengukur Kompetensi Guru. Bandung: Harian Umum Pikiran Rakyat, 10 Nopember 2015 halaman 6
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Usman, Moh Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright and Licensing Policy
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allows authors to retain the copyright of their work and to retain publishing rights. By submitting and publishing with this journal, authors agree to the following terms:
-
Copyright remains with the author(s), and they grant the journal the right of first publication. The work is published under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which permits use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited and any derivative works are distributed under the same license.
-
Authors are allowed to enter into additional non-exclusive distribution agreements (e.g., posting to institutional repositories, publishing in books), with acknowledgment of the work's initial publication in this journal.
-
Authors are encouraged to disseminate their work online (e.g., in repositories or on personal websites) before and during the submission process to increase visibility and impact.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam supports open access and affirms that libre access with a CC BY-SA license or its equivalent is the optimal approach for scholarly communication. We prioritize free and open dissemination while encouraging the reuse and adaptation of published content under fair and equitable terms.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.