Pendidikan Profetik Bagi Anak Periode Klasik Antara Teologi Iqra’ Dan Politik Kenabian
Keywords:
teologi iqra’, pendidikan profetik bagi anak, pendidikan islam, politik kenabian.Abstract
Riset ini dilakukan untuk menelusuri sejauh mana dinamika konsep Pendidikan Profetik bagi anak yang pernah mencapai keberhasilan periode Islam klasik, sejak era Islam awal (shadr al-Islâm) hingga runtuhnya dinasti Abbasiyah, namun terjadi tarik menarik antara dua kutub. Di satu kutub, teologi Iqra’ merupakan basis ideologi pendidikan dinilai statis berdasarkan penafsiran lafal iqra’ pada Q.S. al-‘Alaq sebagai perintah membaca, namun ketercapaian hasilnya dikembalikan pada kekuasaan mutlak Allah (amr takwînî). Di kutub lain, teologi Iqra’ bersifat dinamis karena mengandung perintah yang membebankan agar berusaha dengan keras untuk mencapai hasil maksimal (amr taklîfî). Untuk menangani masalah riset ini, periset menggunakan metode analisis data induktif, pendekatan historis dan teori politik kenabian di dalam kajian sunnah tasyrî’iyah dan non tasyrî’iyah untuk mengonfirmasi relasi antara teologi iqra’ dan politik kenabian dalam dinamika Pendidikan Profetik. Hasil riset ini adalah pertama, Pendidikan Profetik bagi anak yang dicontohkan oleh Nabi berbasis teologi iqra’ yang bersifat dinamis; kedua, di periode Islam klasik pasca wafatnya Nabi saw hingga runtuhnya dinasti Abbasiyyah telah terjadi persinggungan antara teologi Iqra’ dan Politik yang melahirkan Dinamika Pendidikan Profetik.
References
Abduh, Muhammad. “Tafsir Al-Qur’an Al-Karim Juz ’Amma.” In Tafsir Juz ’Amma. Mesir, n.d.
Al-‘Usmânî, Sa’duddîn. Tasharrufât Al-Rasûl Saw Bi Al-Imâmah. Cassablanca: Mathba’ah al-Najâh al-Jadîdah, 2002.
Al- Qardhawi, Yusuf. “Al-Sunnah Mashdar Li Al-Ma’rifah Wa Al-Ḥadhârah.” Kairo: Dar al-Masyruq, 2002.
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. “Al-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Falasifatuha.” Mesir: AlHalabi. Dar al-Fikr al-Arabi, 1975.
Al-Ahwani, Ahmad Fuad. Al-Tarbiyah Fi Al-Islam. Mesir: Dar al-Ma’arif, 1967.
Al-Ahwânî, Ahmad Fuad. Al-Tarbiyah Fî Al-Islâm Al-Ta’lîm Fî Ra’y Al-Qâbisî. Hindâwî, 2023.
Al-Duwîsy, Muhammad Abdullah. Al-Tarbiyah Al-Nabawiyah. Makkah: Maktabah al-Malik Fahd al-Wathâniyah, 1983.
Al-Khaffâjî, Hikmat ‘Ubaid Husain. “Dalâlah Al-Kalimah Fî Al-Qur’ân Al-Karîm Mushthalah Al-Hikmah Anmûdzûjâ.” Jurisprudence Faculty Journal 1, no. 16 (n.d.): 283–340.
Al-Qaththan, Manna’. “Mabāḥiṡ Fī Ulūm Al-Qur’an.” Kairo: Maktabah Wahbah, 1995.
Al-Sallabi, Ali M. Asma Al-Matalib Fi Sirah Amir Al Mu`minin Ali Bn Abi Talib r.a. Syakhsiyatuh Wa ’Ashruh. Vol. 1. Kairo: Maktabah al-Shahabah, 2004.
Al-Shabuni, Muhammad ’Ali. Safwah Al-Tafasir Jilid 3. Beirut, 1981.
Al-Syâhîn, Muhammad ‘Umar Ahmad. “Al-Asrâ Wa Fidâuhum Fî Ma’rakah Badr.” Majallah Abhâs Al-Tabiyah Al-Asâsiyah 10, no. 2 (2010): 383–94.
Choirun, Niswah. Sejarah Pendidikan Islam. Palembang: Noer Fikri Offset, 2022.
Firadus. “Pendidikan Islam Pada Periodisasi Makkah.” Ash-Shahabah Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2017): 125–33.
Hajar, Siti, and Ahmad Zaeni. “Moderasi Pemahaman Hirarki Maqāshid Al-Syarīʻah Dalam Fikih Pandemi Perspektif Fiqh Al-Awlawiyyāt Studi Fatwa Mui.” Asy-Syari’ah 24, no. 1 (2022): 19–38. https://doi.org/10.15575/as.v24i1.16930.
Hâmid Sâlim‘Ayidl, Al-Harabî. Al-Tarbiyah Fî’Ahd Al-Rasûl Saw Nasy’atuhâ Wa Tathawwuruhâ. Makkah: Da’wah al-Haqq, 1419.
Harun, Makmur Haji. “Pendidikan Islam: Analisis Dari Perspektif Sejarah.” Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan 7, no. 2 (2019): 66. https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.370.
Ibn ‘Âsyûr, Muhammad al-Tâhir. Tafsîr Al-Tahrîr Wa Al-Tanwîr. Juz 30. Tunis: Dâr al-Tûnisiyah li Nasyr, 1984.
Ifendi, Mahfud. “Dinasti Abbasiyah: Studi Analisis Lembaga Pendidikan Islam.” Fenomena 12, no. 2 (2020): 139–60. https://doi.org/10.21093/fj.v12i2.2269.
Juwaini, and Aminuddin. “Konsep Nubuwwah Dalam Diskursus Filsafat.” Subtantia 13, no. 2 (2011): 197–210. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v13i2.4824.
Ma’rûf, Basysyâr ‘Awwâd. Al-Tarbiyah Wa Al-Ta’lîm Fî Al-‘Irâq Hattâ Nihâyah Al-‘Ashr Al-‘Abbâsî. Makkah: Maktabah al-Imâm al-Najdî, 2010.
Mahroes, Serli. “Kebangkitan Pendidikan Bani Abbasiyah Perspektif Sejarah Pendidikan Islam.” Tarbiya:Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 1, no. 1 (2015): 77–108. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jurnal-tarbiya/article/view/138/pdf_4.
Mukhtar, Fathurrahman. Pendidikan Profetik. Pendidikan Profetik. Lombok: Pustaka Lombok, 2020.
Mustaqim, Abdul. “Argumentasi Keniscayaan Tafsir Maqashidi Sebagai Basis Moderasi Islam”, Pidato, Pengukuhan Guru Besar Bidang Ulumul Quran Pada Fakultas Ushuluddin Dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga.” UIN Sunan Kalijaga, 2019, 45–49.
Nafiati, Dewi Amaliah. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika 21, no. 2 (2021): 151–72. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252.
Sari, Novita dkk. “Pemikiran Pendidikan Islam Pada Masa Umayyah.” Ihsanika 1, no. 3 (2023): 148–60. https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i2.13349.
Siregar, Lina Mayasari. “Upaya Pendidikan Islam Pada Masa Awal Nabi Muhammad SAW.” Jurnal Al-Thariqah 1, no. 1 (2017): 104–14. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).622.
Thalas, Muhammad As’ad. Al-Tarbiyah Wa Al-Ta’lim Fi Al-Islam. Mesir: Hindawi, 2014.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Ahmad Zaeni Zaeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.