Perspektif Hos Tjokroaminoto Tentang Pendidikan Islam
Keywords:
HOS Tjokroaminto, Pendidikan, Sekolah, KarakterAbstract
Penelitian ini mencoba untuk mendeskripsikan pemikiran HOS Tjokroaminoto tentang Pendidikan Islam, penelitian ini merupakan penelitian dokumentasi perpustkaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif naratif. Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi tokoh. Kajian studi tokoh adalah pengkajian secara sistematis terhadap pemikiran atau gagasan seorang pemikir muslim. Hasil penelitiannya adalah 1) Pendidikan karakter secara Islami benar-benar harus diterapkan baik di sekolah formil ataupun lingkungan keluarga, untuk membentengi diri dari dekadensi zaman Jahiliyah Modern. Karakter pendidikan Islam harus melalui :2) Pendidikan Islam harus berdasarkan Al-Quran dan Hadits.
References
A. Steenbrink, Karel. Pesantren, Madrasah, Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.
An-Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Bandung: CV Diponegoro, 1989.
Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Dakir. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren; Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. Jakarta: LP3ES, 2011.
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuntitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
http://lifestyle.kompas.com/read/2012/12/21/10534239/82. Pelajar tewas sia-sia karena tawuran. Di akses tanggal 04 Januari 2018.
https://metro.tempo.co/read/531130/tawuran-sekolah-jakarta-naik-44-persen. Di akses tanggal 04 Januari 2018.
Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.
Khaeruddin dkk. KTSP Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Jogjakarta: MDC Jawa Tengah dan Pilar Media, 2007.
Khozin. Jejak-Jejak Pendidikan Islam di Indonesia. Malang: UMM Press, 2006.
Manpan Drajat, M. R. E. (2015). Etika Ptrofesi Guru. Alfabeta.
Effendi, M. Ridwan dan Manpan Drajat. Etika Profesi Guru. Cet. I: Bandung; Alfabeta, 2014.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam; di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Muthohar, Ahmad. Ideologi Pendidikan Pesantren. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2007.
Nata, Abuddin. Kapita Selekta Pendidikan Islam; Isu-isu Kontemporer tentang Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan; Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana, 2010.
Nasution, S. Azas-azas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Sabda, Syaifuddin. Model Kurikulum Terpadu IPTEK dan IMTAQ. Ciputat: Ciputat Press Group, 2006.
Shadily, Hasan. Ensiklopedi Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1993.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Sukmadinata, Nana Syaodih dan R. Ibrahim. Teori Kurikulum dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan; Bagaian I Ilmu Pendidikan Teoretis. Bandung: Tim Pengembang Ilmu Pendidikan, FIP UPI, 2009.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami; Integrasi Jasmani, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Tim Mutu JSIT. Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu. Jakarta: Jaringan Sekolah Islam Terpadu, 2010.
Tim Pakar Manajemen Pendidikan UNM. Manajemen Pendidikan; Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.
Tim Penulis Departemen Agama. Pola Pembelajaran Pesantren. Jakarta: 2003.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright and Licensing Policy
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allows authors to retain the copyright of their work and to retain publishing rights. By submitting and publishing with this journal, authors agree to the following terms:
-
Copyright remains with the author(s), and they grant the journal the right of first publication. The work is published under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which permits use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited and any derivative works are distributed under the same license.
-
Authors are allowed to enter into additional non-exclusive distribution agreements (e.g., posting to institutional repositories, publishing in books), with acknowledgment of the work's initial publication in this journal.
-
Authors are encouraged to disseminate their work online (e.g., in repositories or on personal websites) before and during the submission process to increase visibility and impact.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam supports open access and affirms that libre access with a CC BY-SA license or its equivalent is the optimal approach for scholarly communication. We prioritize free and open dissemination while encouraging the reuse and adaptation of published content under fair and equitable terms.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.