Hubungan Perhatian Orangtua dengan Kemandirian Anak Usia Dini di RA Jannatu 'Adn Purwakarta Tahun Pelajaran 2019-2020
Keywords:
Perhatian, Kemandirian, OrangtuaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orangtua dengan kemandirian anak usia dini di RA. Jannatu ‘Adn Purwakarta tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan pengambilan sampel dari jumlah populasi. Sedangkan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, analisis uji hipotesis, analisis korelasi dan regresi dengan menggunaakan bantuan software SPSS. Adapun indikator teori yang digunakan untuk variabel X (perhatian) dari Slameto yakni pemberian bimbingan belajar, nasehat, motivasi dan penghargaan, memenuhi kebutuhan, dan pengawasan, sedangkan untuk variabel Y (kemandirian) dari Carl Rogers yaitu percaya diri, motivisi tinggi, berani mengambil keputusan, kreatif dan inovatif, bertanggungjawab, mampu beradaptasi, tidak ketergantungan pada orang lain. Berdasarkan hasil analisis diketahui perhatian orangtua berkualifikasi cukup yakni (60,94%). Sedangkan kemandirian anak usia dini berkualifikasi cukup yakni (61,94%). Koefisien korelasi kedua variabel adalah sebesar 0,531 dan termasuk korelasi sedang dengan arah korelasi positif. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan Uji T dengan bantuan software (Independent sample t-test), diperoleh Thitung 3,766 > Ttabel 2,034 dengan nilai sig (2 tailed) (0,000) < α (0,05), maka Ho ditolak dan menerima Ha. Dengan demikian terdapat hubungan perhatian orangtua terhadap kemampuan kemandirian anak usia dini di RA. Jannatu ‘Adn Purwakarta tahun pelajaran 2019-2020. Besarnya hubungan perhatian orangtua terhadap kemandirian anak usia dini sebesar 28,1%. Hal ini berarti bahwa selain perhatian orangtua, masih terdapat faktor lain sebesar 71,9% yang dapat mempengaruhi kemandirian anak usia dini di RA. Jannatu ‘Adn Purwakarta tahun pelajaran 2019-2020.
References
Agustini, A. 2015. Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Akhlak Siswa. Purwakarta: STAI.DR.KHEZ.Muttaqien (Skripsi Tidak Diterbitkan).
Ahmadi, A. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Asmawati,E. 2009. Tanggapan Siswa Terhadap Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Hubungannya Dengan Motivasi Belajar Siswa. Purwakarta: STAI.DR.KHEZ.Muttaqien (Skripsi Tidak Diterbitkan)
Asrori, M. 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV.Wahana Prima.
Azizah, N. 2009. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMPN 2 Temon Kulon Progo Tahun Pelajaran 2008/2009. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga (Skripsi Tidak Diterbitkan).
Creswell, J. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dakir. 1993. Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Durachman. 2014. Peranan Orangtua, Guru, Dan Teman Sebaya Dalam Proes Pembentukan Kaakter Siswa Sekolah Dasar . Bandung: Prosiding UPI.
Iftikhah, R. 2012. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Semarang: IKIP Veteran Semarang (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling).
Mawarsih, S. E. 2013. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo. Semarang: Universitas Negeri Semarang (Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomor 3).
Nurpratiwi, M. R. E. dan S. (2021). Hubungan Keberagamaan dan Perilaku Altruistik Mahasiswa. Al-Afkar, 4(1), 83–97. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v4i1.181
Effendi, M. R., & Nurpratiwi, S. (2021). H Hubungan Keberagamaan dan Perilaku Altruistik Mahasiswa. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4(1).
Santrock, J. W. 2011. Life Span Development Perkembangan Masa Hidup Jilid I. Bandung: Erlangga.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Sobur, A. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, U. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan Tindakan. Bandung:Refika Aditama.
Sumanto. 2014. Statistika Terapan. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methode). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata.S. 2013. Psikologi Pendidikan . Jakarta: Grafindo Persada.
Syah, M. 1995. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan baru. Bandung: Rosda.
Syifauzakia. 2014. Pentingnya Melatih Kemandirian Anak Sejak Dini Untuk Pencapaian Kesiapan Sekolah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (Jurnal Prosiding Konferensi Pendidikan Dasar).
Tarigan, M. B. 2014. Meningkatkan Kemandirian Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Metode Bermain Peran Makro. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (Jurnal Prosiding Konferensi Pendidikan Dasar).
Trihendradi, C. 2010. SPSS 18 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: CV. Andi Offest.
Yamin,S. dan Kurniawan,H., 2009. SPSS Complete Teknik Analisis Statistik Terlengkap Dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek
Yusuf, Syamsu.LN. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.