Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tegalwaru
Keywords:
Kata Kunci : Strategi guru, motivasi belajar, pembelajaran daringAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya pandemic covid-19 yang mengakibatkan pembelajaran dilakukan secara daring, dalam hal ini motivasi belajar siswa bervariasi, tidak semua siswa berpartisifasi aktif dalam pembelajaran daring PAI. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru PAI faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring. penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan melalui dokumen. Teknik analisis data  menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Strategi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring di kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tegalwaru dengan dengan memilih media social yang dianggap paling mudah, yaitu whatsapp, guru menyampaikan materi berupa file, voice note dan melakukan tanya jawab, serta memberikan evaluasi pada setiap akhir materi yang disampaikan dengan waktu yang di tetapkan. bentuk-bentuk motivasi yang diberikan guru kepada siswa diantaranya pujian berupa kata-kata atau emoticon, nilai tambahan, menciptakan kompetisi antar teman, serta kata-kata yang baik sebagi dorongan untuk tetap belajar. 2) Faktor pendukungnya yaitu siswa memiliki handphone, adanya motivasi dari guru, adanya minat yang cukup baik pada mata pelajaran PAI, adanya persaingan antar siswa serta siswa yang mementingkan nilai. 3) Faktor penghambatnya yaitu adanya gangguan sinyal dibeberapa rumah siswa, ketika siswa kehabisan kuota internet, dan kondisi lingkungan siswa yang kurang kondusif, seperti suasana dilingkungan rumah berisik, serta adanya gangguan di rumah sehingga tidak semua siswa standby di grup whatsapp pada saat jam pelajaran.
References
Cahyani, Adhetya dkk. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al- qur’an ): Jurnal Pendidikan.123-140.
Daryanto, 2015. Inovasi pembelajaran efektif. Bandung : Yrama Widya
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyono dan Ismail Suwardi Wekke. 2018. Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Yogyakarta: Cv. Adi Karya Mandiri.
Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional. Riau : Pt Indragiri dotcom
Santika, I Wayan Eka. 2020. Pendidikan Karakter Pada pembelajaran daring.IVCEJ, Vol 3 No 1.
Sardiman. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar mengajar. Jakarta :Rajawali.
Sugiyono. 2015. Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Cetakan ke 22). Bandung: Alfabeta
Purnomo, Halim. 2019. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M UMY
Putra, I Made. 2020. Kurang Efektifnya Pembelajran Daring/E-Learning. Artikel (Online).
Usman, Moh Uzer. 2017. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wiji Lestari. 2021. Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 di kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi: Universitas Jambi.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright and Licensing Policy
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allows authors to retain the copyright of their work and to retain publishing rights. By submitting and publishing with this journal, authors agree to the following terms:
-
Copyright remains with the author(s), and they grant the journal the right of first publication. The work is published under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), which permits use, distribution, and reproduction in any medium, provided the original work is properly cited and any derivative works are distributed under the same license.
-
Authors are allowed to enter into additional non-exclusive distribution agreements (e.g., posting to institutional repositories, publishing in books), with acknowledgment of the work's initial publication in this journal.
-
Authors are encouraged to disseminate their work online (e.g., in repositories or on personal websites) before and during the submission process to increase visibility and impact.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam supports open access and affirms that libre access with a CC BY-SA license or its equivalent is the optimal approach for scholarly communication. We prioritize free and open dissemination while encouraging the reuse and adaptation of published content under fair and equitable terms.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.