Penggunaan Metode ABANA dalam Penulisan Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan menulis santri di Masjid Kharisma Darussalam II, Jomin Timur
Keywords:
Metode ABANA, Menulis Al-Qur'an, Kemampuan menulisAbstract
Pengabdian Berbasis Penelitian yang berjudul “Penggunaan Metode ABANA dalam Penulisan AlQur`an untuk meningkatkan kemampuan menulis santri di Masjid Kharisma Darussalam II, Jomin Timurâ€, penelitian ini mempunyai tujuan memperbaiki dan mengevaluasi santri dalam penulisan AlQur`an, agar meningkatkan kemampuan santri dalam menulis AlQur`an. Oleh karena itu, kegiatan ini diperlukan peneliti untuk membantu anak aktivis khususnya tingkat Sekolah Dasar. Pada penelitian ini memperlukan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang pasti untuk membantu proses penggunaan metode ABANA dari ketua Yayasan Kharisma Darussalam, data yang dibutuhkan dengan pengumpulan metode observasi secara personal dan dokumentasi secara langsung. Penelitian ini bersifat deskriptif penerapan analisis data secara induktif, dari permasalahan khusus serta mengambil kesimpulan secara khusus. Tujuan dari kualitatif deskriptif adalah untuk mengungkapkan fakta, situasi, fenomena, dan situasi yang ada. Bahwa penulisan Al-Qur’an bisa menggunakan metode ABANA sebagai salah satu metode yang sesuai dengan tahapan usia anak, khususnya di tahapan Sekolah Dasar, karena yang diajarkan metode ini adalah panduan dasar dalam kepenulisan Al-Qur’an, dan penerapannya harus diajarkan secara langsung agar lebih efektif supaya dapat tersampaikan dengan jelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kenaikan 3,13 % dalam kemampuan menulis AlQur’an. Peneliti berharap dengan menggunakan metode ini akan bermanfaat bagi santri di masa depan.
References
Nasrudin. 2015. “Sejarah Penulisan Al-Qur’an†dalam Jurnal Rihlah Vol. II No. I Mei 2015.
Ma’mun, Muhammad Aman. 2018. “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an†dalam Annaba: Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No. 1 Maret 2018.
Kusuma, Yuanda. 2018. “Model-Model perkembangan pembelajaran BTQ di TPQ/TPA di Indonesia†dalam J-PAI Vol 5 No, 1 Juli-Desember 2018.
Syarifuddin, Ahmad. 2001. Mendidik anak. Depok: Gema Insani
Aksara, Alita. 2005. Ensiklopedia Al-Qur’an dan Hadis per Tema. Jakarta: Elex Media Komputindo
Muhyidin, Muhammad. 2007. Mengajar Anak Berakhlak. Depok: Gema Insani
Sulhadi, Ummu Jasmine Laila bint. 2015. Garis Besar Panduan Pengajaran Metode ABANA. Semarang: CV. ABANA Mulia Sejahtera
Published
How to Cite
Issue
Section
SIVITAS: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, SIVITAS: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
SIVITAS: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.