Penggunaan Metode ABANA dalam Penulisan Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan menulis santri di Masjid Kharisma Darussalam II, Jomin Timur

https://doi.org/10.52593/svs.02.2.02

Authors

Keywords:

Metode ABANA, Menulis Al-Qur'an, Kemampuan menulis

Abstract

Pengabdian Berbasis Penelitian yang berjudul “Penggunaan Metode ABANA dalam Penulisan AlQur`an untuk meningkatkan kemampuan menulis santri di Masjid Kharisma Darussalam II, Jomin Timurâ€, penelitian ini mempunyai tujuan memperbaiki dan mengevaluasi santri dalam penulisan AlQur`an, agar meningkatkan kemampuan santri dalam menulis AlQur`an. Oleh karena itu, kegiatan ini diperlukan peneliti untuk membantu anak aktivis khususnya tingkat Sekolah Dasar. Pada penelitian ini memperlukan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang pasti untuk membantu proses penggunaan metode ABANA dari ketua Yayasan Kharisma Darussalam, data yang dibutuhkan dengan pengumpulan metode observasi secara personal dan dokumentasi secara langsung. Penelitian ini bersifat deskriptif penerapan analisis data secara induktif, dari permasalahan khusus serta mengambil kesimpulan secara khusus. Tujuan dari kualitatif deskriptif adalah untuk mengungkapkan fakta, situasi, fenomena, dan situasi yang ada. Bahwa penulisan Al-Qur’an bisa menggunakan metode ABANA sebagai salah satu metode yang sesuai dengan tahapan usia anak, khususnya di tahapan Sekolah Dasar, karena yang diajarkan metode ini adalah panduan dasar dalam kepenulisan Al-Qur’an, dan penerapannya harus diajarkan secara langsung agar lebih efektif supaya dapat tersampaikan dengan jelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kenaikan 3,13 % dalam kemampuan menulis AlQur’an. Peneliti berharap dengan  menggunakan metode ini akan bermanfaat bagi santri di masa depan.

References

Nasrudin. 2015. “Sejarah Penulisan Al-Qur’an†dalam Jurnal Rihlah Vol. II No. I Mei 2015.

Ma’mun, Muhammad Aman. 2018. “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an†dalam Annaba: Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No. 1 Maret 2018.

Kusuma, Yuanda. 2018. “Model-Model perkembangan pembelajaran BTQ di TPQ/TPA di Indonesia†dalam J-PAI Vol 5 No, 1 Juli-Desember 2018.

Syarifuddin, Ahmad. 2001. Mendidik anak. Depok: Gema Insani

Aksara, Alita. 2005. Ensiklopedia Al-Qur’an dan Hadis per Tema. Jakarta: Elex Media Komputindo

Muhyidin, Muhammad. 2007. Mengajar Anak Berakhlak. Depok: Gema Insani

Sulhadi, Ummu Jasmine Laila bint. 2015. Garis Besar Panduan Pengajaran Metode ABANA. Semarang: CV. ABANA Mulia Sejahtera

Published

2022-07-30

How to Cite

Ayudini, A. A. (2022). Penggunaan Metode ABANA dalam Penulisan Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan menulis santri di Masjid Kharisma Darussalam II, Jomin Timur. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 59–68. https://doi.org/10.52593/svs.02.2.02

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.