Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Training to Enhance Teachers' Resilience in the Society 5.0 Era

https://doi.org/10.52593/svs.05.1.04

Authors

  • Lilis Karyawati Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Achmad Junaedi Sitika Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Ine Rahayu Purnamaningsih Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Rosita Rahman Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Nunung Kurniasih STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta, Indonesia

Keywords:

ESQ, Resiliensi Guru, Society 5.0, Pelatihan

Abstract

Pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) bertujuan untuk meningkatkan resiliensi guru di SMP PGRI Pangkalan, Karawang dalam menghadapi tantangan era Society 5.0. Pemilihan topik ini didasarkan pada pentingnya ketahanan emosional dan spiritual bagi guru yang bekerja dalam lingkungan yang penuh dengan perubahan teknologi dan tuntutan tinggi. Metode pengabdian meliputi persiapan dan perencanaan, pelaksanaan pelatihan melalui lokakarya awal, sesi pelatihan praktis, serta pendampingan dan konsultasi. Evaluasi dilakukan sebelum dan sesudah pelatihan untuk mengukur dampaknya terhadap kemampuan pengelolaan emosi, tingkat stres, dan adaptasi teknologi para guru. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru mengelola emosi dan stres, serta keterampilan dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran. Dengan demikian, pelatihan ESQ terbukti efektif dalam meningkatkan resiliensi guru, yang berkontribusi pada kualitas pendidikan yang lebih baik di era Society 5.0. Keberlanjutan program ini didukung oleh evaluasi berkala, pengembangan modul lanjutan, dan pembentukan komunitas praktik antar guru.

Author Biographies

Lilis Karyawati, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

Dosen FAI UNSIKA

Achmad Junaedi Sitika, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

Dosen FAI UNSIKA

Ine Rahayu Purnamaningsih, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

Dosen FKIP UNSIKA

Rosita Rahman, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

mahasiswa pasca PAI UNSIKA

Nunung Kurniasih, STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta, Indonesia

Dosen STAI DR.KHEZ.Muttaqien Purwakarta

References

Ainsworth, S., & Oldfield, J. (2019). Quantifying teacher resilience: Context matters. Teaching and Teacher Education, 82, 117–128. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.03.012

Darmaji, D., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2019). Quality Management Education in the Industrial Revolution Era 4.0 and Society 5.0. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 382(Icet), 565–570. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.141

Doulougeri, K., Panagopoulou, E., & Montgomery, A. (2016). (How) Do Medical Students Regulate Their Emotions? BMC Medical Education, 16(1). https://doi.org/10.1186/s12909-016-0832-9

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. E. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1). https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690

Fletcher, D., & Sarkar, M. (2013). Psychological resilience: A review and critique of definitions, concepts, and theory. European Psychologist, 18(1), 12–23. https://doi.org/10.1027/1016-9040/a000124

Flook, L., Goldberg, S. B., Pinger, L., Bonus, K., & Davidson, R. J. (2013). Mindfulness-based stress reduction (MBSR) for primary school teachers. Journal Compilation, 7(3), 182–195.

Garanina, O., Al Said, N., Stepenko, V., & Troyanskaya, M. (2021). Information society and its impact on personality development. Education and Information Technologies, 26(5), 5457–5475. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10549-5

Gu, Q., & Day, C. (2013). Challenges to teacher resilience: Conditions count. British Educational Research Journal, 39(1), 22–44. https://doi.org/10.1080/01411926.2011.623152

Ifah, I. H., Asep Jejen Jaelani, N., & Sun Suntini, N. (2023). Penyuluhan Tentang Bahan Ajar Literasi Berbasis Kearifan Lokal Di SDN 2 Tugu Mulya. 1(1), 28–33. https://doi.org/10.60041/integratif.v1i1.15

Islam, S. (2018). Oase Spiritual Pesantren Di Nusantara : Strategi Membangun Emotional Spiritual Quotient (Esq) Santri. Jurnal Islam Nusantara, 2(2), 245. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i2.102

Jaelani, A. Q., & Ilham, L. (2019). Strategi Meningkatkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Siswa. Komunika Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(1), 97–106. https://doi.org/10.24090/komunika.v13i1.2056

Malloy, W. W., & Allen, T. (2007). Teacher Retention in a Teacher Resiliency-Building Rural School 20-The Rural Educator. The Rural Educatir, 28(2), 19–27.

Mansfield, C. F. (2020). Cultivating Teacher Resilience: International Approaches, Applications and Impact. In Cultivating Teacher Resilience: International Approaches, Applications and Impact (pp. 3–10). Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-15-5963-1

Mansfield, C. F., Beltman, S., Broadley, T., & Weatherby-Fell, N. (2016). Building resilience in teacher education: An evidenced informed framework. Teaching and Teacher Education, 54, 77–87. https://doi.org/10.1016/j.tate.2015.11.016

Mirna Wahyu Agustina dan Germino Wahyu Broto. (2019). RESILIENSI GURU PAUD HONORER. HAPPINESS (Journal of Psychology and Islamic Science), 3(1).

Muhammad Firdausi, Khoirul Asfiyak, M. E. N. (2020). Peran Guru Agama Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Pada Anak Smp Islam Darussa’Adah Poncokusumo. Vicratina, 5(1), 146–160.

Mursalin, H. (2022). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Pada Era Society 5.0. Edukasi Islam Jurnal Pendidikan Islam, 216–228. http://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/issue/view/112

Muzaki, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat 3 Berbasis Budaya Lokal Malang. Jurnal Ilmiah Semantika, 2(02). https://doi.org/10.46772/semantika.v2i02.379

Oktaviani, V. Z., M, A. S., & Dewantara, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Multimodel Pada Topik Suhu Dan Kalor Untuk Melatihkan Kemampuan Mengevaluasi. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 238. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i2.11065

Pozo-Rico, T., Poveda, R., Gutiérrez-Fresneda, R., Costa, J. L. C., & Corbí, R. G. (2023). Revamping Teacher Training for Challenging Times: Teachers’ Well-Being, Resilience, Emotional Intelligence, and Innovative Methodologies as Key Teaching Competencies. Psychology Research and Behavior Management, Volume 16, 1–18. https://doi.org/10.2147/prbm.s382572

Rahmat. (2014). EFEKTIFITAS MANAJEMEN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN PEGAWAI NEGERI SIPIL. Jurnal Wacana Kinerja, 17(November), 52–77.

Rojas, C. N., Adolfo, G., Peñafiel, A., Fernando, D., & Buitrago, L. (2021). Society 5 . 0 : A Japanese Concept for a Superintelligent Society. Sustainability, 13.

Scherzinger, M., & Wettstein, A. (2019). Classroom disruptions, the teacher–student relationship and classroom management from the perspective of teachers, students and external observers: a multimethod approach. Learning Environments Research, 22(1), 101–116. https://doi.org/10.1007/s10984-018-9269-x

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Raja Grafindo Persada.

Susanti, E., Yusuf, M., Araiku, J., Scristia, S., Kurniadi, E., & Simarmata, R. H. (2020). Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Bagi Kelompok Guru Sekolah Dasar Di Desa Petunang Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Anugerah, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i1.2173

Tan, O., & Low, W. L. E. (2019). Teacher Education in the 21st Century. In Teacher Education in the 21st Century. https://doi.org/10.5772/intechopen.77621

Taufik, T., Putra, A., Imansyah, M. N., Nurdianah, N., & Iwansyah, I. (2023). Literasi Digital Untuk Guru Sekolah Dasar Di Wilayah Pesisir Kabupaten Dompu. Jurnal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(5), 543. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.19584

Toyib, M., Sari, C. K., Rejeki, S., & Fatmasari, L. W. S. (2021). Pendampingan Penguatan Kompetensi Guru SMA, MA, Dan SMK Melalui Pengembangan Multiple-Solution Task Dalam Pembelajaran Matematika Di Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(02), 20–30. https://doi.org/10.33884/jpb.v3i02.3644

Tumanggor, R. O., & Mularsih, H. (2020). Hubungan Spiritual Well-Being Dan Kecerdasan Emosi Pada Sikap Toleransi Bagi Remaja. Journal An-Nafs Kajian Penelitian Psikologi, 5(2), 132–144. https://doi.org/10.33367/psi.v5i2.958

Wahyuni, S. (2015). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Diksi, 17(1), 179–189. https://doi.org/10.21831/diksi.v17i1.6580

Published

2025-01-30

How to Cite

Karyawati, L., Junaedi Sitika, A. ., Rahayu Purnamaningsih, I. ., Rahman, R. ., & Kurniasih, N. . (2025). Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Training to Enhance Teachers’ Resilience in the Society 5.0 Era. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 37–46. https://doi.org/10.52593/svs.05.1.04