Strategi Dakwah di Era New Normal

https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.04

Authors

  • Achmad Baidowi Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Al-Mardliyyah Pamekasan
  • Moh. Salehudin Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Al-Mardliyyah Pamekasan

Keywords:

Strategi, Dakwah, New Normal, Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 mengharuskan seorang da’i untuk lebih kreatif dalam membuat strategi dakwah agar dapat digunakan dengan baik di era new normal. Startegi dakwah adalah cara yang digunakan oleh da’i untuk menyiarkan kebenaran kepada seluruh lapisan masyarakat. Proses pembuatan strategi dakwah dilakukan melalui beberapa tahap, pertama analisis lingkungan dengan menganalisis lingkungan internal yaitu analisis sumber daya internal pendukung proses dakwah dan menganalisis lingkungan eksternal yaitu analisis terhadap masalah yang terjadi di lingkungan eksternal dakwah, kedua perumusan strategi yaitu merumuskan berbagai pilihan strategi dakwah, ketiga pemilihan strategi yaitu penetapan strategi yang akan digunakan untuk berdakwah, keempat pelaksanaan strategi yaitu menggunakan startegi dakwah yang telah dipilih, kelima evaluasi strategi yaitu kegiatan menilai strategi yang telah digunakan. Strategi dakwah di era new normal dapat dilakukan dengan cara pertama pendekatan kekeluargaan (Fardhiyah) yaitu kegiatan dakwah yang dilakukan kepada anggota keluarga (mematuhi protokol kesehatan). Kedua strategi tatap muka yang dilakukan dengan dua pendekatan yaitu tatap muka skala kecil yaitu kegiatan dakwah yang dilakukan pada jumlah mad’u yang sedikit (mematuhi protokol kesehatan) dan tatap muka skala besar yaitu kegiatan dakwah yang dilakukan pada jumlah mad’u yang relatif banyak (tidak dianjurkan di era new normal). Ketiga strategi memanfaatkan media sosial yaitu kegiatan dakwah yang dilakukan untuk menghindari kontak langsung dengan mad’u dan menggunakan media sosial seperti whatsapp, Instagram, zoom, dan lain sebagainya sebagai sarana utama untuk melakukan dakwah.

References

Abzar, M. (2015). Strategi Dakwah Masa Kini (Beberapa Langkah Strategis Pemecahan Problematika Dakwah). Lentera, 17(1), 37–52.

Ahmadi, Khoiru, Amri, Sofan, & Elisah, Tatik et.al. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ajibroto, K., Keizer, H. De, & Pringgabayu, D. (2018). Analisis Lingkungan Strategis Untuk Meningkatkan Kompetitifitas Produk Perbankan. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(1), 56–71. doi: 10.21009/jrmsi.009.1.04.

Aldi, B. E. (2015). Upaya Generalisasi Konsep Manajemen Strategik. Jurnal ilmu ekonomi & sosial, VI(2), 56–72.

Aminudin. (2016). Konsep Dasar Dakwah. Al-Munzir, 9(1), 29–46.

Arwildayanto, Suking, Arifin, & Sumar, Warni Tune. (2018). Analsisi Kebijakan Pendidikan: Kajian Teoretis, Eksploratif, Dan Aplikatif. Bandung: Cendekia Press.

Anggara, Sahya. (2014). Kebijakan Publik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Baidowi, A. (2020). The Evaluation of Online and Face to Face Physical Education Learning Policy at Elementary School Level. Tegar: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 4(1), 35–44. doi: DOI: https://doi.org/10.17509/tegar.v4i1.28211.

Chaniago, S. A. (2014). Perumusan Manajemen Strategi Pemberdayaan Zakat. Journal Jurnal Hukum Islam (JHI), 12(1), 87–101.

Churri, M. A., & Agung, Y. A. (2013). Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Audio Video Untuk SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 803–809.

Dwiyanto, H. (2020). Menyiapkan Pembelajaran dalam Memasuki “ New Normal ” dengan Blended Learning. Pengembang Teknologi Pembelajaran LPMP Lampung, 1–9.

Effendi, M. R. (2021). Relasi Agama dan Masyarakat; Studi Tentang Interaksi Masyarakat Bandung Barat dan Jamaah Tabligh. Hayula, 5(1), 1–24. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/hayula.005.1

Effendi, M. R., Kahmad, D., Solihin, M., & Wibisono, M. Y. (2021). Relasi Agama dan Masyarakat: Studi Tentang Interaksi Masyarakat Bandung Barat dan Jamaah Tabligh. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 5(1), 1-24.

Fatwa Majelis Ulama Indionesia Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Hasan, Mohammad. (2013). Metodologi Pengembangan Ilmu Dakwah (R. Adawiyah, ed.). Surabaya: Pena Salsabila.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’: Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Miharja, S., & Syamsuddin. (2018). Dakwah Pemberdayaan Partisipasi Keluarga. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 18(1), 1–20. doi: 10.15575/anida.v18i1.5039.

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. doi: 10.22146/buletinpsikologi.22759.

Mutiawati, I. (2018). Dakwah di Media Sosial (Studi Fenomenologi Dakwah di Instagram) (Universitas Islam Negeri Walisongo; Vol. 2). Universitas Islam Negeri Walisongo. Retrieved from http://eprints.walisongo.ac.id/9496/1/SKRIPSI LENGKAP.pdf.

Nurpratiwi, M. R. E. dan S. (2021). Hubungan Keberagamaan dan Perilaku Altruistik Mahasiswa. Al-Afkar, 4(1), 83–97. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v4i1.181

Effendi, M. R., & Nurpratiwi, S. (2021). H Hubungan Keberagamaan dan Perilaku Altruistik Mahasiswa. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4(1).

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.

Ramadhani, F., Nahar, S., & Syaukani. (2018). Konsep Evaluasi Pendidikan Dalam Al-Qur’an Surah Az-Zalzalah Ayat 7-8 Al-Baqarah Ayat 31-34. Edu Religia, 2(2), 183–196.

Rangkuti, Freddy. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis: Analisis SWOT. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Risdiana, A. (2014). Transformasi Peran Da’i dalam Menjawab Peluang dan Tantangan (Studi Terhadap Manajemen SDM). Jurnal Dakwah, 15(2), 433–451. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/315.

Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., Irianti, H., & Ainun, N. (2019). Komunikasi dan media sosial. (January 2019). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/329998890_KOMUNIKASI_DAN_MEDIA_SOSIAL.

Sawaluddin. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Al-Thariqah, 3(1), 39–53.

Silitonga, Y., & Eminency, D. (2012). Analisa Perbandingan Kualitas Belajar-Mengajar Antara Metode Face to Face dan Video Conference. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4(2), 477–487. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/1270/439.

Suharno, S., Sudibyo, C., P, B., & S., E. (2014). Model Formulasi Strategi Peningkatan Mutu Dan Relevansi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. Innovation of Vocational Technology Education, 10(2), 131–140. doi: 10.17509/invotec.v10i2.4854.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahsiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Published

2021-01-23

How to Cite

Baidowi, A., & Salehudin, M. (2021). Strategi Dakwah di Era New Normal. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(1), 58–74. https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.04