Sosialisasi dan Pendampingan Manajemen Konflik dalam Rumah Tangga Isteri yang Bekerja di Perum Citra Permata Sakinah Purwakarta

  • Sofia Gussevi STAI DR. KH.EZ. Muttaqien

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi dari data Pengadilan Agama kabupaten Purwakarta tekait tingginya kasus gugatan cerai yang dilakukan isteri kepada suaminya, dan hal ini terjadi mayoritas pada isteri yang bekerja di luar rumah baik itu di kantor pemerintaham, swasta atau pabrik. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang manajemen konflik dalam keluarga dengan melakukan pendampingan terhadap beberapa keluarga di Perum Citra Permata Sakinah, Purwakarta. Hasil dari kegiatan ini diperoleh bahwa telah terjadi disharmonisasi keluarga berupa berkurangnya komunikasi pasangan yang diakibatkan perbedaan pandangan, faktor ekonomi, dan kecemburuan sosial. Adapun upaya yang telah dilakukan dalam kegiatan ini adalah berupa musyawarah antar pasangan dengan melibatkan pihak ketiga dalam hal ini adalah orangtua.

Published
Feb 17, 2021
How to Cite
GUSSEVI, Sofia. Sosialisasi dan Pendampingan Manajemen Konflik dalam Rumah Tangga Isteri yang Bekerja di Perum Citra Permata Sakinah Purwakarta. SIVITAS | Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-9, feb. 2021. Available at: <https://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/sivitas/article/view/265>. Date accessed: 03 mar. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.20214/svs.01.1.01.