Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Saung Manglid

https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.03

Authors

  • Abin Saripudin STAI DR.KHEZ. MUttaqien Purwakarta
  • Wawan Oktriawan STAI DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta
  • Nunung Kurniasih STAI DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta

Keywords:

Kalitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Saung Manglid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Saung Manglid. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling yang berjumlah 96 orang responden. Variabel bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati dan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan hasil  penelitian diperoleh t hitung 12, 465 dan F hitung 155,388 dengan tingkat signifikasi menunjukan sig. 0,000 < 0,05 yang berarti kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan dalam uji R interpretasi koefisien korelasi didapat sebesar 0,789,  terbukti kualitas pelayanan mempunyai hubungan positif dengan kepuasan pelanggan atau tingkat hubungan kuat. Dari hasil analisis data penelitian diketahui bahwa kepuasan pelanggan di Restoran Saung Manglid dipengaruhi sebesar 62,3% oleh kualitas pelayanan, sedangkan 37,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

References

A. Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988. 'SERVQUAL A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perceptions of Service Quality'. Jurnal of Retailing, Vol 67 No. 4.

Agama, Departemen (TNI Angkatan Darat cetakan ke X). 1996. Alquran Terjemah Indonesia. Jakarta: PT. Sari Agung.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmawati, R dan M. Wahyudin. 2007. Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departemen Store di Solo. Surakarta: Jurnal Daya Saing.

Effendi, M. R. (2020). Mitigasi Intoleransi dan Radikalisme Beragama di Pondok Pesantren Melalui Pendekatan Pembelajaran Inklusif. Paedagogie, I(I), 55–74. https://doi.org/doi.org/10.20211/pdg.01.1.05

Effendi, M. R. (2020). Mitigasi Intoleransi dan Radikalisme Beragama di Pondok Pesantren Melalui Pendekatan Pembelajaran Inklusif. Paedagogie| Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 56-75.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS Edisi ke 7. Semarang: Undip.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Prayuana dan Andjarwati. 2013. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Irfan Bachdim dan Event Sponsorship Terhadap Citra Merek Minuman Isotonik Pocari Sweat. Jakarta: Jurnal Ilmu Manajemen Vol 1 No 1.

Riduwan dan Sunarto. 2014. Pengantar Statistika: Untuk Penelitian, Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2016. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

—. 2013. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

—. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualikatif dan RND. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Umar, Husein. 2014. Metode Penelitian Untuk Skripsi san Tesis Bisnis Edisi ke 2. Jakarta: Rajawali Pers.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. 2013. Services Marketing. Singapore :McGraw Hill Co. Inc.

Website :

Tips Serba Serbi (2020). Kualitas Pelayanan Menurut Perspektif Islam. https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2015/03/kualitas-pelayanan-menurut-perspektif.html?m=1. Diunduh pada tanggal 27 Juni 2020.

Published

2021-01-23