Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Saung Manglid
Keywords:
Kalitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Saung ManglidAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Saung Manglid. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling yang berjumlah 96 orang responden. Variabel bebas (X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati dan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh t hitung 12, 465 dan F hitung 155,388 dengan tingkat signifikasi menunjukan sig. 0,000 < 0,05 yang berarti kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan dalam uji R interpretasi koefisien korelasi didapat sebesar 0,789, terbukti kualitas pelayanan mempunyai hubungan positif dengan kepuasan pelanggan atau tingkat hubungan kuat. Dari hasil analisis data penelitian diketahui bahwa kepuasan pelanggan di Restoran Saung Manglid dipengaruhi sebesar 62,3% oleh kualitas pelayanan, sedangkan 37,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya.
References
A. Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988. 'SERVQUAL A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perceptions of Service Quality'. Jurnal of Retailing, Vol 67 No. 4.
Agama, Departemen (TNI Angkatan Darat cetakan ke X). 1996. Alquran Terjemah Indonesia. Jakarta: PT. Sari Agung.
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Atmawati, R dan M. Wahyudin. 2007. Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departemen Store di Solo. Surakarta: Jurnal Daya Saing.
Effendi, M. R. (2020). Mitigasi Intoleransi dan Radikalisme Beragama di Pondok Pesantren Melalui Pendekatan Pembelajaran Inklusif. Paedagogie, I(I), 55–74. https://doi.org/doi.org/10.20211/pdg.01.1.05
Effendi, M. R. (2020). Mitigasi Intoleransi dan Radikalisme Beragama di Pondok Pesantren Melalui Pendekatan Pembelajaran Inklusif. Paedagogie| Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 56-75.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS Edisi ke 7. Semarang: Undip.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Prayuana dan Andjarwati. 2013. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Irfan Bachdim dan Event Sponsorship Terhadap Citra Merek Minuman Isotonik Pocari Sweat. Jakarta: Jurnal Ilmu Manajemen Vol 1 No 1.
Riduwan dan Sunarto. 2014. Pengantar Statistika: Untuk Penelitian, Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2016. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
—. 2013. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
—. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualikatif dan RND. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2015. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.
Umar, Husein. 2014. Metode Penelitian Untuk Skripsi san Tesis Bisnis Edisi ke 2. Jakarta: Rajawali Pers.
Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. 2013. Services Marketing. Singapore :McGraw Hill Co. Inc.
Website :
Tips Serba Serbi (2020). Kualitas Pelayanan Menurut Perspektif Islam. https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2015/03/kualitas-pelayanan-menurut-perspektif.html?m=1. Diunduh pada tanggal 27 Juni 2020.
Published
How to Cite
Issue
Section
Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.