Motor Adventure: Exploring the Influence of the Snakes and Ladders Game on the Gross Motor Development of Children Aged 4-5 Years at RA Ilyasa Nurul Qomar

https://doi.org/10.52593/kid.01.2.01

Authors

  • Nita Adiyanti Puwakarta
  • Ilis Kandarisah Pancasakti Bekasi University
  • Mila Wahyuni Pancasakti Bekasi University

Keywords:

Early childhood, games, motor development

Abstract

If gross motor development is not stimulated, it will not develop as we expect. However, there is a lack of learning media, especially for motor development, especially media that can be used indoors and outdoors. Therefore, playing snakes and ladders can help stimulate gross motor development in children aged 4-5 years. This study aims to determine significant changes before and after treatment. The research method used is a quantitative research method with a one-group design experimental approach, only looking at the results of the pre-test and post-test. In this study, 20 samples were taken for validation tests and 15 samples for research. The results of this research were obtained from the hypothesis that gross motor development in children during the pre-test and post-test was different. This can be seen in the results obtained, namely if Sig. (2-tailed) < 0.005 there is an influence or change. Because the Sig value. (2-tailed) in the hypothesis test above the value of 0.00

Perkembangan motorik kasar jika tidak distumulasi maka tidak akan berkembang sesuai dengan kita harapkan. Namun, kurangnya media pembelajaran khususnya untuk perkembangan motorik sangatlah minim terutama media yang dapat digunakan pada indor dan outdor. Oleh karena itu, permainan ular tangga dapat membantu menstimulasi perkembangan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan treatment. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitaif dengan pendekatan ­pree-eksperimen desain one grup hanya melihat dari hasil pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini mengambil 20 sample untuk uji validasi dan 15 sample untuk penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh angka dari hipotesis bahwa perkembangan motorik kasar pada anak saat pre-test dan post-test memiliki perbedaan. Hal ini dapat dilihat pada hasil yang diperoleh yaitu jika Sig. (2-tailed) < 0,005 terdapat pengaruh atau perubahan. Karena nilai Sig. (2-tailed) pada uji hipotesis diatas.

References

Alwafi Ridho Subarkah. (2018). Peran Permainan Tradisional Engklek Dalam Meningkatkan Monotorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Mukhlisin Medan Ta. 2016/2017. 151(2), 10–17.

KURNIASIH, R. (2021). Implementasi Permainan Tradisional Congklak Dalam Pengembangan Kognitif Di Taman Kanak-Kanak Tiara Persada Kecamatan Metro Utara. Skripsi Iain Metro, 14(1), 1–13.

Lathif Mukhtar, & Dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.

M. Fadlillah. (2018). Bermain dan permainan. Prenadamedia Group.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Pt.Gramedia.

Safitri, T. (2021). Implementasi Strategi Permainan Tradisional Engklek Pada Perkembangan Motorik Kasar Anak Di Tk Al Ul-Haq Sukabumi Bandar Lampung. 9.

Sit, M. (2019). Psikolog Perkembangan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitaif. Alfabeta.

Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202

Published

2024-02-29

How to Cite

Adiyanti, N., Kandarisah , I. ., & Wahyuni, M. . (2024). Motor Adventure: Exploring the Influence of the Snakes and Ladders Game on the Gross Motor Development of Children Aged 4-5 Years at RA Ilyasa Nurul Qomar. Kiddie: Early Childhood Education and Care Journal, 1(2), 87–98. https://doi.org/10.52593/kid.01.2.01