Konsep Pendidik Tinjauan Hadist dan Aktualisiasinya dalam Pendidikan
Keywords:
Educator, Hadith, Hadith Perspective, Konsep, Pendidik, Hadis, PendidikanAbstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pandangan teks-teks hadist mengenai konsep pendidik sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw dan mengaktualisasikannya dalam pendidikan. Adanya sebagian individu yang hanya mementingkan aspek materialistic seolah menunjukan keserakahan membuat dunia pendidikan mulai bergeser dan tidak hakiki, hal tersebut tidak terlepas pula dari figure pendidik. Sebagai seorang muslim sudah seharusnya menelaah teks-teks hadis sebagai cara untuk mengenal Nabi Muhammad Saw sehingga dijadikan role model oleh para pendidik saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan studi pustaka. Pendekatan yang digunakan yaitu content analisis dengan cara menelaah isi. Hasil penelitian menujukan bahwa teks-teks hadis mengisyaratkan konsep pendidik meliputi kedudukan, tugas, karakteristik pendidik dan menjadi gambaran aktualisasi konsep pendidik masa kini. Hadis-hadis Nabi Muhammad Saw memuat konsep pendidik yang ideal dalam islam dan berkesinambungan dengan konsep pendidik dalam teori modern. Konsep pendidik dalam hadis nabi relevan untuk diaktulisasikan dalam pendidikan.
References
Al-Bukhar, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail. Al-Jami Ash-Shahih Jilid 6. Riyadh: Mathba’ah Salafiyah, 1980.
Al-Ghazali. Akhlak Seorang Muslim. Semarang: Wijaksana, 2000.
Arifin, Zaenal. Studi Kitab Hadis. Surabaya: Pustaka Al Muna, 2010.
‘Asqalani, Ibnu Hajar al-. Fath Al-Bari Syarh Sahih al-Bukhari Jilid XI. Bairut: Dar al-Fikr, n.d.
At-Tirmidzi, Muhammad bin Isa. Jami At-Tirmidzi. Riyadh: Bayt al-Afkar al-Dawliyah, n.d.
Baskoro, Agung. “Hadis-Hadis Rasulallah saw. Tentang Pendidik.” Almufida 2, no. 02 (2017).
Djollong, Andi Fitriani. “Kedudukan Guru Sebagai Pendidik.” Istiqra 4, no. 2 (2017): 122.
Giantara, Febri. “Sifat-Sifat Pendidik Prespektif Hadis Nabi.” Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2022): 67.
Hasanah. “Hubungan Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Perspektif Hadis.” Jurnal Semdi Unava 1, no. 1 (2017): 24.
Hidayat, Rahmat. Menuntun Arah Pendidikan Islam Di Indonesia. Medan: LPPPI, 2016.
Khaeruman, Badri. Studi Periwayatan Dan Pengaruhnya Dalam Kualitas Hadis. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2015.
Khakiim, Ulum. “Guru Sebagai Role Model Individeu Berkarakter Bagi Peserta Didik Untuk Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Pendidikan.” Jurnal Karya Ilmiah Dosen 3, no. 2 (2017): 226.
Mukhlish, Mukhlish. “Pendidik Dalam Perspektif Hadits Rasulullah SAW.” Jurnal Sains Riset 9, no. 1 (March 18, 2019): 82–85. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i1.54.
Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11, no. 1 (2017).
Nata, Abudin. Abuddin Nata, Paradigma Pendidikan Islam, (Jakarta : Grasindo,2001), 134. Jakarta: Grasindo, 2020.
Novan. Ilmu Pendidikan Islam : Rancang Bangun Konsep Pendidikan Monokotomik- Holistik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2021.
Qasim, Hamzah Muhammad. Syarh Mukhtasar Sahih Al-Bukhari. Damaskus: Maktabah Dar al-Bayan, 1990.
Salim. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Setiawan, Ilham Agam. “Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Perspektif Hadits.” SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan 2, no. 02 (2017).
Siregar, Isropil. “Hakikat Pendidik Menurut Hadis Nabi.” Khazanah : Journal of Islamic Studies 1, no. 4 (2022).
Suryosubrata. Beberapa Aspek Dasar Kependidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1990.
Supendi, D. (2015). Mengukur Kompetensi Guru. Bandung: Harian Umum Pikiran Rakyat, 10 Nopember 2015 halaman 6
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Usman, Moh Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Published
How to Cite
Issue
Section
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.