Konsep Pendidik Tinjauan Hadist dan Aktualisiasinya dalam Pendidikan

https://doi.org/10.52593/pdg.04.1.01

Authors

  • Sri Juwita Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Maslani Maslani Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Keywords:

Educator, Hadith, Hadith Perspective, Konsep, Pendidik, Hadis, Pendidikan

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pandangan teks-teks hadist mengenai konsep pendidik sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw dan mengaktualisasikannya dalam pendidikan. Adanya sebagian individu yang hanya mementingkan aspek materialistic seolah menunjukan keserakahan membuat dunia pendidikan mulai bergeser dan tidak hakiki, hal tersebut tidak terlepas pula dari figure pendidik. Sebagai seorang muslim sudah seharusnya menelaah teks-teks hadis sebagai cara untuk mengenal Nabi Muhammad Saw sehingga dijadikan role model oleh para pendidik saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan studi pustaka. Pendekatan yang digunakan yaitu content analisis dengan cara menelaah isi. Hasil penelitian menujukan bahwa teks-teks hadis mengisyaratkan konsep pendidik meliputi kedudukan, tugas, karakteristik pendidik dan menjadi gambaran aktualisasi konsep pendidik masa kini. Hadis-hadis Nabi Muhammad Saw memuat konsep pendidik yang ideal dalam islam dan berkesinambungan dengan konsep pendidik dalam teori modern. Konsep pendidik dalam hadis nabi relevan untuk diaktulisasikan dalam pendidikan.

References

Al-Bukhar, Abu Abdillah Muhammad bin Ismail. Al-Jami Ash-Shahih Jilid 6. Riyadh: Mathba’ah Salafiyah, 1980.

Al-Ghazali. Akhlak Seorang Muslim. Semarang: Wijaksana, 2000.

Arifin, Zaenal. Studi Kitab Hadis. Surabaya: Pustaka Al Muna, 2010.

‘Asqalani, Ibnu Hajar al-. Fath Al-Bari Syarh Sahih al-Bukhari Jilid XI. Bairut: Dar al-Fikr, n.d.

At-Tirmidzi, Muhammad bin Isa. Jami At-Tirmidzi. Riyadh: Bayt al-Afkar al-Dawliyah, n.d.

Baskoro, Agung. “Hadis-Hadis Rasulallah saw. Tentang Pendidik.” Almufida 2, no. 02 (2017).

Djollong, Andi Fitriani. “Kedudukan Guru Sebagai Pendidik.” Istiqra 4, no. 2 (2017): 122.

Giantara, Febri. “Sifat-Sifat Pendidik Prespektif Hadis Nabi.” Symfonia: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2022): 67.

Hasanah. “Hubungan Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Perspektif Hadis.” Jurnal Semdi Unava 1, no. 1 (2017): 24.

Hidayat, Rahmat. Menuntun Arah Pendidikan Islam Di Indonesia. Medan: LPPPI, 2016.

Khaeruman, Badri. Studi Periwayatan Dan Pengaruhnya Dalam Kualitas Hadis. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2015.

Khakiim, Ulum. “Guru Sebagai Role Model Individeu Berkarakter Bagi Peserta Didik Untuk Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Pendidikan.” Jurnal Karya Ilmiah Dosen 3, no. 2 (2017): 226.

Mukhlish, Mukhlish. “Pendidik Dalam Perspektif Hadits Rasulullah SAW.” Jurnal Sains Riset 9, no. 1 (March 18, 2019): 82–85. https://doi.org/10.47647/jsr.v9i1.54.

Nasution, Mardiah Kalsum. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11, no. 1 (2017).

Nata, Abudin. Abuddin Nata, Paradigma Pendidikan Islam, (Jakarta : Grasindo,2001), 134. Jakarta: Grasindo, 2020.

Novan. Ilmu Pendidikan Islam : Rancang Bangun Konsep Pendidikan Monokotomik- Holistik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2021.

Qasim, Hamzah Muhammad. Syarh Mukhtasar Sahih Al-Bukhari. Damaskus: Maktabah Dar al-Bayan, 1990.

Salim. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Setiawan, Ilham Agam. “Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Perspektif Hadits.” SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan 2, no. 02 (2017).

Siregar, Isropil. “Hakikat Pendidik Menurut Hadis Nabi.” Khazanah : Journal of Islamic Studies 1, no. 4 (2022).

Suryosubrata. Beberapa Aspek Dasar Kependidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1990.

Supendi, D. (2015). Mengukur Kompetensi Guru. Bandung: Harian Umum Pikiran Rakyat, 10 Nopember 2015 halaman 6

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Usman, Moh Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Published

2023-01-30

How to Cite

Juwita, S., & Maslani, M. (2023). Konsep Pendidik Tinjauan Hadist dan Aktualisiasinya dalam Pendidikan. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(01), 01–21. https://doi.org/10.52593/pdg.04.1.01