Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Melalui Pendidikan Ramah Anak di SD Negeri 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa

https://doi.org/10.52593/pdg.02.2.03

Authors

  • Iis Siti Robe'ah STAI DR.KH.EZ.Muttaqien Purwakarta, Indonesia
  • Siswan to STAI DR.KH.EZ.Muttaqien Purwakarta, Indonesia

Keywords:

The Role of the Teacher, Religious Character,, Child-Friendly Education

Abstract

Peran guru di sekolah sangat penting dalam penanaman dan pembentukan karakter siswa. Salah satu karakter yang harus dibentuk, yang merupakan dasar dari karakter yang lain adalah religious. Karakter religious merupakan karakter yang menunjukkan bahwa setiap pikiran, perkataan, dan perbuatan yang dilakukan oleh seseorang selalu berdasarkan pada nilai-nilai ketuhanan dan ajaran agama yang dianutnya. Maka dari itu, karakter religious sangat penting untuk ditanamkan pada siswa di sekolah sebagai tempat pendidikan formal. Salah satu cara untuk membentuk karakter religious siswa di sekolah  yaitu dengan melalui pendidikan ramah anak dalam perspektif pendidikan Islam. Pendidikan ramah anak yaitu pendidikan yang dapat membuat rasa nyaman, aman, sehat, dan kondusif, menerima anak apa adanya dan menghargai potensi anak. Pendidikan ramah anak dalam pendidikan Islam adalah upaya yang dilakukan oleh orang tua maupun pendidik untuk untuk mendidik siswa dengan menciptakan lingkungan yang penuh kasih sayang sebagai hakikat perlindungan dalam Islam. Penelitian ini mengacu pada teori dari Imam Al-Ghozali, bahwa pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia sejak masa kejadiannya sampai akhir hayatnya melalui berbagai ilmu pengetahuan yang disampaikan dalam bentuk pengajaran secara bertahap, dimana proses pengajaran itu menjadi tanggung jawab orang tua dan masyarakat menuju pendekatan diri kepada Allah Swt sehingga menjadi manusia yang sempurna. Di SD Negeri 2 Taringgul Tonggoh kec. Wanayasa kab. Purwakarta merupakan salah satu sekolah ramah anak yang menerapkan pendidikan ramah anak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam pembentukan karakter religious siswa melalui pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam di SD Negerti 2 Taringgul Tonggoh kec. Wanayasa kab. Purwakarta (2) mendeskripsikan peran guru sebagai teladan dalam pembentukan karakter siswa melalui pendidikan ramah anak dalam perspektif pendidikan Islam di SD Negeri 2 Taringgul Tonggoh Kec. Wanayasa Kab. Purwakarata, dan  mendeskripsikan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pembentukan karakter religius siswa kelas rendah melalui pendidikan ramah anak di SD Negeri 2 Taringgul Tonggoh Kec. Wanayasa Kab. Purwakarata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:  peran guru sebagai pembimbing karakter religius siswa melalui pendidikan ramah anak dalam perspektif pendidikan Islam yaitu guru selalu mengingatkan dan menasihati siswa setiap saat agar tidak melakukan kekerasan, melakukan hal-hal baik yang diajarkan oleh ajaran Islam, menjuhi hal-hal buruk yang dilarang oleh ajaran Islam, dan juga selalu melakukan ibadah yang harus dilakukan.  Peran guru sebagai teladan dalam pembentukan karakter religius siswa  melalui pendidikan ramah anak dalam perspetif pendidikan Islam yaitu dengan cara memberi contoh kepada siswa melalui ikut dalam pembiasaan-pembiasaan yang ada di sekolah ataupun memberi contoh akhlak yang baik dan kebiasaan-kebiasaan baik sehingga dapat dicontoh oleh para siswa.

References

Rohmawati, Nuri. Hangestiningsih, Endang. 2019. Kajian Program Ramah Anak n. [Internet]. [Diunduh 2021 Jan 22]. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=artikel+pendidikan+ramah+anak&btnG=

Nurrofi’ah, Siti. 2013. Implementasi Pendidikan Ramah Anak dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas Rendah SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. [Internet].[Diunduh 2021 Jan 23]. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=artikel+sugiyono+pendidikan+ramah+anak&btnG=

Rahardja, Untung. Dkk. Otomatisasi Role Online System Ticketing Raharja (Rooster) dalam Mendukung Pelayanan Offline Iduhelp! Pada Perguruan Tinggi. [Internet].[Diunduh 2021 Jan 23]. https://ilearning.me/jurnal-5/kerangka-jurnal/

Sugiono, Nanang. 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Kebiasaan-Kebiasaan Inspiratif K.H Ahmad Dahlan Dan K.H Hasyim Asyari Karya M.Sanusi. [Internet]. [Diunduh 2021 Jan 24]. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1113/

Pendidikan 3, Dosen. 2020. Teknik Pengumpulan Data. [Internet]. [Diunduh 2021 Jan 24]. https://www.dosenpendidikan.co.id/teknik-pengumpulan-data/

Savitra, Khanza. 2019. 15 Karakteristik Menurut Para Ahli. [Internet]. [Diunduh 2021 Jan 25]. https://dosenpsikologicom.cdn.ampproject.org/v/s/dosenpsikologi.com/pengertiankaraktermenurutparaahli/amp?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQHKAFQArABIA%3D%3D#aoh=16114533580661&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fdosenpsikologi.com%2Fpengertian-karakter-menurut-para-ahli

Pendidikan, Guru. 2020. Pengertian Pendidikan. [Internet]. [Diunduh 2021 Jan 25]. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-pendidikan/

Misnatun, Misnatun. 2016. Pola Pendidikan Karakter Anak Melaui Pendidikan Ramah Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. [Internet]. [Diunduh 2021 Jan 27]. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/641680

Published

2021-07-29

How to Cite

Siti Robe’ah, I., & to, S. (2021). Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Melalui Pendidikan Ramah Anak di SD Negeri 2 Taringgul Tonggoh Kecamatan Wanayasa. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(02), 95–107. https://doi.org/10.52593/pdg.02.2.03