Tantangan Mendidik Generasi Milenial Muslim di Era Revolusi Industri 4.0

https://doi.org/10.7520/pdg.02.1.05

Authors

  • Sofia Gussevi STAI DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta
  • Nur Aeni Muhfi STAI DR. KHEZ. Muttaqien Purwakarta

Keywords:

Revolusi Industri, Generasi Milenial, Tantangan, Pendidikan

Abstract

Revolusi Industri 4.0 adalah bagaimana teknologi seperti kecerdasan buatan dan internet memengaruhi kehidupan manusia. Teknologi, khususnya internet, memiliki banyak dampak positif tetapi juga dapat merugikan penggunanya jika "tidak pintar" dalam menggunakannya, termasuk dalam hal pendidikan. Keluarga memiliki fungsi yang luas, dan semuanya berhubungan. Misalnya pada bagian agama, dalam fungsi ini keluarga berperan memberikan pengalaman dan pendidikan spiritual kepada anggota keluarga, bagaimana keluarga mengajarkan nilai-nilai yang sejalan dengan ajaran Islam untuk dijadikan sebagai sikap hidup. Keluarga juga mempunyai fungsi pendidikan, sebagai interaksi dalam lingkungan keluarga, orang tua dapat mendidik dan membimbing anaknya dengan baik, dengan kata lain, teladan orang tua menjadi pendidikan yang strategis dalam mengarahkan sikap anak karena perilaku yang baik yang dicontohkan oleh orang tua akan menjadi tolak ukur untuk a anak dalam berbuat baik. Pendidikan dalam keluarga harus berorientasi pada masa depan, artinya pendidikan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya lebih kepada persiapan praktis agar anak dapat menghadapi jaman yang akan dialaminya di masa depan, seperti yang tertuang dalam hadits: “Ketahuilah bahwa kelak anak-anak anda kelak akan mengalami usia yang berbeda dari masa sekarang. “Seringkali orang tua membandingkan kehidupan mereka di masa lalu untuk membuat sebuah“ standar nilai ”yang harus diterapkan pada anak mereka, meskipun Nabi memperingatkan tentang hal ini dalam hadits. Teknologi khususnya internet yang semakin maju di era sekarang ini menjadi salah satu tantangan dalam mendidik generasi milenial muslim. Penanaman nilai-nilai dalam Alquran diharapkan mampu mengatasi tantangan tersebut. Membekali anak-anak dengan penanaman nilai-nilai agama sejak dini, diharapkan teknologi tidak mempengaruhi generasi milenial muslim, namun sebaliknya generasi milenial muslim dapat menundukkan dan memanfaatkan teknologi.

References

Choli, Ifham. 2020. Pendidikan Agama Islam dan Industri 4.0, Jurnal Tahdzib Al-Akhlak-PAI-FAI-UIA Jakarta

Fajar, Malik. 2005. Holistik Pemikiran Pendidikan, Jakarta : RajaGrafindo Persada

Gussevi, Sofia. 2020. Manajemen Konflik dalam Rumah Tangga Isteri yang Bekerja, Jurnal Muttaqien, Vol. 01 No. 01, Juli 2020

Hidayat, Nur. 2015. Peran dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Global, Jurnal el-Tarbawi, Vol. XIII, No. 2

Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga : Penanaman Nilai Penanganan Konflik dalam Keluarga, Jakarta : Prenadamedia

Manpan Drajat, M. R. E. (2015). Etika Ptrofesi Guru. Alfabeta.

Effendi, M. Ridwan dan Manpan Drajat. Etika Profesi Guru. Cet. I: Bandung; Alfabeta, 2014.

Maulani, Melinda. 2020. Pola Asuh Anak Wanita Karir, Skripsi, Purwakarta : STAI DR. KH. EZ. Muttaqien

Pratama, Dian Arif Noor. 2019. Tantangan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Membentuk Kepribadian Muslim, Jurnal Al-Tanzim, Vol. 03 No. 01

Razak, Anang Abdul. 2013. Pilar-Pilar Pendidikan dalam Keluarga, Jurnal Paedagogi, Vol. 01 No. 03

Suwardana, Hendra. 2017. Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental, Jurnal JATI UNIK, Vol. 1, No. 2

Syahri, Akhmad. 2018. Spirit Islam dalam Teknologi Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Attarbiyah, Vol. 28

Usfitriyah, Islamic Parenting (Pengasuhan Anak dalam Islam), Kompas, 8 Oktober 2016

Zakiyah, Qiqi Yuliati. 2019. Pembelajaran Integratif dan Holistik di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Kapita Selekta Ilmu Pendidikan Islam, Bandung : Mimbar Pustaka

Published

2021-01-23