Belajar Ceria Bersama Anak Jalanan Di Komunitas Save Street Child (SSC) Sidoarjo

https://doi.org/10.52593/svs.04.1.01

Authors

  • Rizka Ainun Qolby Mumtaz UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
  • Lailil Nur Rahma Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Shazfa Ailsa Qonita Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Raihan Alifian Akbar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Yasmin Firdausi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Kamila Fauziyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Itsna Israiyatul Fajriyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Berlian Putri Laksono Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Dwi Rukma Santi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Anak Jalan, Save Street Child

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan anak jalanan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Sidoarjo, dan fokus pada komunitas Save Street Child Sidoarjo yang memberdayakan anak-anak jalanan. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman tentang pendidikan moral, pemahaman profesi, pembelajaran Bahasa Inggris, dan edukasi PHBS kepada anak-anak jalanan. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), melibatkan anak-anak dalam proses penelitian dan perubahan sosial. Hasilnya mencakup peningkatan pemahaman nilai moral, pengenalan profesi, kepercayaan diri menggunakan Bahasa Inggris, dan implementasi perilaku hidup bersih dan sehat melalui pembuatan sabun kertas dan cuci tangan. Pengabdian ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas hidup anak jalanan, menciptakan lingkungan positif, dan memberdayakan mereka untuk meraih potensi masa depan yang lebih baik.

References

Arfiandhani, P., & Lestari, I. W. (2021). Peningkatan Minat Dan Pembekalan Bahasa Inggris Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Fun English Club. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 169–176. https://doi.org/10.18196/ppm.21.553

Hadiansyah, M. I. (2021). PADA ANAK JALANAN DI DESA MUNTOI TIMUR. 2(1), 158–163. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.667

Kamrin, K. (2022). Kehidupan Sosial Anak Jalanan di Kota Makassar. Journal on Education, 5(1), 890–897. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.697

Lubis, L. S., Warna, A. K. S., Wulan, A., Karimah, U., & Ayuhan. (2022). Sosialisasi dan edukasi : pentingnya cita-cita pada anak sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 8.

Meylina, M., & Mulyaningsih, S. (2023). Edukasi Bahasa Inggris Dasar untuk Anak-Anak Setingkat Sekolah Dasar di Kelurahan Korong Gadang. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(4), 186–193. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i4.563

Muhammad Latifudin Zuhdi. Mahardhika Cipta Raharja. (2022). Penarapa n Nilai-Nilai Moral Dalam Membentuk Karakter Religius Anak di Masjid Al Mutakhir Desa Seling Kebumen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ( JPKM ) – Aphelion Dewan Redaksi, 2(2), 104–110.

Napitupulu, P. A., Putrawan, B. K., & Sutrisno, S. (2021). Pendampingan Metode Menggambar, Mewarnai, dan Mengecat Pada Guru Dalam Meningkatkan Motorik Anak di PAUD Kemah Kasih Pademangan Barat, Jakarta Utara. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 140. https://doi.org/10.26740/ja.v6n2.p140-146

Oktanisa, S., Ully, F., Maja, I., & Meirani, W. (2023). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. 3(1), 1–10.

Permatasari, N. D., & Nawangsari, E. R. (2022). Pemberdayaan Anak Jalanan Oleh Komunitas “Save Street Child” Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(3), 403–409. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i3.118

Raharjo, K. . (2018). Pemberdayaan anak jalanan sebagai upaya penyadaran belajar melalui pendidikan kesetaraan di kota Samarinda. Humanitas: Indonesian Psychologycal Journal, 13(2), 45–54.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71.

Rinaldi, K., & Askarial, A. (2022). Penyuluhan Penanaman Pendidikan Moralitas Dan Nilai Pancasila Pada Anak. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 170–174. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.289

Samudera, W. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Bidang Pendidikan Di Kota Mataram. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(3), 154–158.

Sidoarjo, B. P. S. K. (2019). Kabupaten Sidoarjo Dalam Angka 2019. In Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo (Issue 2, p. 420).

Sosial, P. P. (2021). Perlindungan Anak Jalanan di Era Pandemi. Puspensos.Kemensos.Go.Id.

Suyanto, D. B. (2016). Masalah sosial anak. In Jakarta : Prenada media Group (3rd ed., p. 428).

Wagey, B. T., Sinjal, C. A., Mantiri, R., & Lasabuda, R. (2023). Pemberdayaan Pada Rumah Singgah Anak Jalanan di Pasar Tradisional Pinasungkulan Karombasan Kota Manado Empowerment at Street Children ’ s Shelther House at the Pinasungkulan Karombasan Traditional Market , Manado City. 01(02), 62–70.

Yosefina, M., Yudiernawati, A., & Nurmaningsari, T. (2017). Nursing News Volume 2, Nomor 2, 2017. 2, 217–226.

Published

2024-01-31

How to Cite

Mumtaz, R. A. Q., Rahma, L. N., Qonita, S. A., Akbar, R. A., Firdausi, Y., Fauziyah, K., Fajriyah, I. I. ., Laksono, B. P. ., & Santi, D. R. (2024). Belajar Ceria Bersama Anak Jalanan Di Komunitas Save Street Child (SSC) Sidoarjo. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.52593/svs.04.1.01