Sosialisasi Inovasi APE (Alat Permainan Edukatif) bagi Guru RA se-Kecamatan Plered dan Tegalwaru pada Masa Pandemi Covid-19

https://doi.org/10.52593/svs.02.1.04

Authors

Keywords:

Inovation, learning, APE

Abstract

Pendidikan pada anak usia dini di masa golden age sangat penting karena pada masa ini kecerdasan anak sangat berkembang dengan pesat. Rangsangan yang diberikan bukan hanya untuk kecerdasan kognitifnya saja tetapi sosial emosional, budi pekerti, dan akhlak mulia pun perlu diberikan rangsangannya. Peran guru dan orang tua dalam memfasilitasi anak saat memberikan rangsangan belajar melalui pengalamannya perlu dirancang dan ditata sedemikian rupa sehingga seluruh aspek perkembangan anak dapat berkembang secara optimal, oleh karena itu perlu adanya alat permainan edukatif sebagai fasilitas belajar pada anak usia dini. Sosialisasi inovasi APE dilakukan kepada guru RA kecamatan Plered dan Tegalwaru dalam dua tahap yaitu presentasi dan pelatihan, tahap pertama berupa pemaparan tentang pentingnya APE dalam proses pembelajaran pada anak usia dini, tahap kedua yaitu pelatihan melibatkan peserta dalam melakukan kegiatan pembuatan inovasi APE dalam mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak usia dini. Berdasarkan hasil analisis dari data wawancara dan observasi mengungkapkan bahwa kreatifitas guru dalam pembuatan inovasi APE dapat meningkat bukan hanya pemberian materi saja tetapi peserta juga ikut terlibat secara langsung dalam proses pembuatannya serta saling berbagi inovasi dengan teman sejawat sehingga inovasi dapat berkembang.

References

Fauziyah. (2021). Menyaipkan Satuan Paud Dalam Kondisi Darurat. Madiun: Bayfa Cendikia.

Latuconsina, H. (2014). Pendidikan Kreatif. Jakarta: Gramedia.

Nurhayadi, Y., & Aditiya Agasi, A. (2020). Pengarahan Tentang Pentingnya Pendidikan Usia Dini Di Kampung Bulak, Kecamatan Pondok Gede, Bekasi. Uhamka, 1.

Rahayu, A. D., & Syahidul Haq, M. (2021). Sarana dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9.

Widiaswori, E. (2020). 101 Kesalahan Guru Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Araska.

Published

2022-01-31

How to Cite

purwani, annisa. (2022). Sosialisasi Inovasi APE (Alat Permainan Edukatif) bagi Guru RA se-Kecamatan Plered dan Tegalwaru pada Masa Pandemi Covid-19. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.52593/svs.02.1.04