Penerapan Strategi Pembelajaran Elaborasi untuk Peningkatan Penguasaan Mufradāt di Madrasah Tsanawiyah

https://doi.org/10.52593/klm.04.1.04

Authors

  • Erta Mahyudin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Dewi Afifah Alihsan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

Keywords:

Strategi elaborasi, strategi pembelajaran, penguasaan kosakata

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab dengan sistem pembelajaran jarak jauh yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai kosakata dan kurangnya penerapan strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan penguasaan kosakata siswa setelah menggunakan strategi elaborasi. Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan pre-test dan post-test untuk mengumpulkan data. Bukti yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya, penggunaan strategi elaborasi dalam proses belajar mengajar kosakata memiliki pengaruh yang kuat. Proses pengajaran dan pembelajaran kosakata menggunakan strategi elaborasi di kalangan siswa berdampak kuat pada penguasaan kosakata mereka.

References

Alfianor, Alfianor, ‘Strategi Pengajaran Bahasa Arab di MI RAKHA Amuntai’, Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6.1 (2022), 78 <https://doi.org/10.35931/am.v6i1.867>

Al-Hailat, Mushtafa Qasim, ‘Istiratijiyat Al-Ta’allum Al-Munadzadzam Dzatiyan: Dirasah Muqaranah Baina ‘Ainah Min Al-Thalabah Al-Mauhubin Wa Al-Thalabah Ghair Al-Mauhubin’ (Universitas Uni Emirat Arab, 2015)

Fahmiah, Dini, and Abdul Basid, ‘Berbasis Teori Interaksi Sosial Vygotsky ( Studi Kasus Di Pusat Pengembangan Bahasa Arab Uin Maulana Malik Ibrahim Malang )’, Pembelajaran Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab Di Indonesia, 2019, 97–108

Fakrurrazi, Aziz, and Erta Mahyudin, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab, ed. by Mu’azzizah, 2nd edn (Bandung: Pustaka Cendekia Utama, 2020)

Faridah, Siti Nurul, and Ahmad Fajar, ‘Peningkatan Hafalan Mufradat Bahasa Arab Dengan Metode Bernyanyi Pada Santri Di Pondok Pesantren Fajrul Islam Karang Hegar Subang’, Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2.1 (2022), 29–40

Herdah, Kolaborasi Dan Elaborasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Parepare: IPN Press, 2020)

Mahyudin, Erta, ‘Pengajaran Kosakata Bahasa Arab Bagi Anak-Anak Dengan Media Lagu’, Mutsaqqafin, 1.1 (2018), 65–84 <https://doi.org/https://doi.org/10.46257/mutsaqqafin.v1i01.26>

Mahyudin, Erta, Azizah Nurvia Gusiar, and Tengku Maulana, ‘E-Learning Dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah’, Kalimātunā: Journal of Arabic Research, 1.1 (2022), 49–64 <https://doi.org/10.15408/kjar.v1i1.25300>

Prasetiadi, Yan Septiana, ‘تأثير استيعاب المفردات العربية على مهارة التلاميذ في الكلام العربي لتلاميذالصف التاسع في مدرسة كاريسمى دار السلام المتوسطة الإسلامية المتكاملة كاراوانج’, 3.1 (2022), 1–14

Suaedi, H, and B H Hardovi, ‘Pelatihan Membaca Menggunakan Strategi Elaborasi Dengan Memanfaatkan Cerita Daerah Budaya Pandalungan Di Sdn …’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2021, 65–72

Faridah, Siti Nurul, and Ahmad Fajar, ‘Peningkatan Hafalan Mufradāt Bahasa Arab Dengan Metode Bernyanyi Pada Santri Di Pondok Pesantren Fajrul Islam Karang Hegar Subang’, Satwika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2.1 (2022), 29–40

Hamilton, Richard, ‘Elaboration Effects on Learning’, in Encyclopedia of the Sciences of Learning, ed. by Norbert M Seel (Boston, MA: Springer US, 2012), pp. 1103–5 <https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1428-6_170>

Herdah, Kolaborasi Dan Elaborasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Parepare: IPN Press, 2020)

Husna, Anisah, ‘At-Tarâkib Wa Al-Mufaradât Min Khilâli Musalsalah Al-Imâm Ibn Hambal Wa Dauruhâ Fî ‘Ilâji At-Tahajjur Al-Lughawi’, Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 1.1 (2020), 113–23 <https://doi.org/10.37274/mauriduna.v1i1.359>

Jabir, Abdul Hamid, Istiratikiyyat Al-Tadris Wa Al-Ta’allum (Qahirah: Jamiah Qahirah, 1999)

Kalyuga, Slava, ‘Knowledge Elaboration: A Cognitive Load Perspective’, Journal of Learning and Instruction, 19.01 (2009), 402–10

Mahyudin, Erta, ‘Pengajaran Kosakata Bahasa Arab Bagi Anak-Anak Dengan Media Lagu’, Mutsaqqafin, 1.1 (2018), 65–84 <https://doi.org/https://doi.org/10.46257/mutsaqqafin.v1i01.26>

Mahyudin, Erta, Azizah Nurvia Gusiar, and Tengku Maulana, ‘E-Learning Dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah’, Kalimātunā: Journal of Arabic Research, 1.1 (2022), 49–64 <https://doi.org/10.15408/kjar.v1i1.25300>

Nahlah, Jahil, and Muhammad Iman, ‘Istiratijiyat Al-Ta’allum Wa Atsaruha ‘ala Al-Tahshil Al-Dirasi’ (Jamiah Tsamin May, 2020)

Oxford, Rebecca, Istiratijiyyah Ta’allum Al-Lughah (Al-Qāhirah: Maktabah al-Anjalu al-Mishriyyah, 1996)

Paramitha, Nurhapsari Pradnya, ‘Pembelajaran Mufrodat Menggunakan Media Audio Visual’, Jurnal Ihtimam, 2018 <https://doi.org/10.36668/jih.v1i2.171>

Prasetiadi, Yan Septiana, ‘تأثير استيعاب المفردات العربية على مهارة التلاميذ في الكلام العربي لتلاميذالصف التاسع في مدرسة كاريسمى دار السلام المتوسطة الإسلامية المتكاملة كاراوانج’, 3.1 (2022), 1–14

Tanzeh, Ahmad, Metodologi Penelitian Praktis (Yogyakarta: Teras, 2011)

Yulistyana, Naili Vidya, ‘Penerapan Strategi Pembelajaran Elaborasi Dalam Membantu Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Siswa MIN Bawu Jepara Tahun Ajaran 2012/2013’ (Universitas Negeri Malang, 2013)

Published

2023-01-31

How to Cite

Mahyudin, E. ., & Afifah Alihsan, D. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Elaborasi untuk Peningkatan Penguasaan Mufradāt di Madrasah Tsanawiyah. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), 59–77. https://doi.org/10.52593/klm.04.1.04