Istikhdamu Thoriqoh Al Isbai' Al Riyadiyyah (Jarimatika) Fi Ta'lim Al Lughoh Al Arobiyyah Li Ziyadati Al Itqon Madah Dhomir Munfashil

  • Erry Sukmanasari UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Pada proses pembelajaran bahasa Arab di kelas menunjukkan bahwa banyak masalah ditemukan salah satunya yaitu kurangnya penguasaan materi dhomir munfashil   yang kenyataannya dhomir munfashil dalam bahasa Arab lebih banyak dibanding bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan hal ini membuat siswa merasa kesulitan dan  kurang semangat dalam proses pembelajaran sehingga materi dhomir munfashil  perlu diajarkan lebih mendalam dengan metode yang tepat.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  penggunaan metode jarimatika pada pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan materi dhomir munfashil siswa. Metode Penelitian adalah PTK  dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa SMAN 1 Bojongsoang kelas X IPS 2 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu  dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data bersifat kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan  penguasaan materi dhomir munfashil  pada pembelajaran  bahasa Arab. 


Nilai rata-rata siswa pada prasiklus adalah 67,57. Pada siklus 1  76,36. Pada siklus 2  80,90. Pada prasiklus sebesar 33% atau 11 siswa mencapai ketuntasan. Pada siklus 1 sebesar 69,69% atau 23 siswa mencapai ketuntasan. Pada siklus 2 sebesar 90,90% atau 30 siswa mencapai ketuntasan.. Dengan demikian, penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan  penguasaan materi dhomir munfashil  pada pembelajaran bahasa Arab. 


 


Kata kunci: jarimatika , penguasaan, dhomir munfashil

Published
Jan 25, 2021
How to Cite
SUKMANASARI, Erry. Istikhdamu Thoriqoh Al Isbai' Al Riyadiyyah (Jarimatika) Fi Ta'lim Al Lughoh Al Arobiyyah Li Ziyadati Al Itqon Madah Dhomir Munfashil. Kalamuna | Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 80-96, jan. 2021. ISSN 2745-6943. Available at: <https://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/kalamuna/article/view/118>. Date accessed: 01 mar. 2021.