Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Pada Masyarakat Pedesaan Terhadap Kemajuan Pendidikan Islam

https://doi.org/10.7520/svs.01.1.05

Authors

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dimulai dengan ditandai adanya anggapan orangtua murid bahwa penggunaaan media sosial di masyarakat belum efektif, bijaksana dan produktif dalam proses pembelajarn di masa pandemi covid-19. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi agar masyarakat mengetahui penggunaan media sosial bagi orangtua dan anak. Hasil dari kegiatan ini diperoleh bahwa tumbuhnya  motivasi orangtua untuk mengetahui dan menggunakan berbagai jenis media sosial dan menumbuhkan kesadaran akan nilai produktivitas media sosial dalam mendukung program belajar di masa pandemi covid-19.

References

Abdussalam, Huzaifah. 2015. Dampak positif dan negatif media sosial bagi Pelajar.

Effendi, M. R., & Syafrudin, I. (2020). Pertalian Agama Pada Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 12-27.

Effendi, M. R. Kata Kunci.

Gemilang (Peter Salim dan Yeni Salim, Kamus Besar Kontemporer . Jakarta: Modern English

https://abriantonugraha.wordpress.com/, tanggal 16 Desember 2017.

http://SOSMED/Abdus%20Salaam_%20Dampak%20Media%20Sosial%20Bagi%20Pela

jar.html, tanggal 12 Desember 2017.

Nugraha, Abrianto. 2012. Manfaat Media Sosial dalam Dunia Pendidikan.

Nurhalimah, Sitti. 2019. Media Sosial dan Masyarakat Pesisir : Refleksi Pemikiran Mahasiswa

Bidikmisi. DEEPUBLISH

Putra, Jaya. 2012. Pengertian Media sosial peran serta fungsinya.

http://jayaputrasbloq.blogspot.com/2011/02/definisi-atau-pengertian-istilah-

social.html, diakses 7 Agustus 2017

Suci Nurpratiwi, Muhamad Ridwan Effendi, A. (2021). Improving Religious Literacy Through Islamic Religious Education Course Based On The Flipped Classroom. Istawa, 6(1), 16–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/ijpi.v6i1.3107

S Nurpratiwi, MR Effendi, A Amaliyah - Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2021

Susanto, Heri & Akmal, Helmi. 2018. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis

Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Di

Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. HISTORIA: Jurnal Program

Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 197-206.

Thobroni, Muhammad and Arif Mustofa, Belajar dan Pembelajaran, 2nd edition (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)

Published

2021-02-17