Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Pada Masyarakat Pedesaan Terhadap Kemajuan Pendidikan Islam
Abstract
Kegiatan pengabdian ini dimulai dengan ditandai adanya anggapan orangtua murid bahwa penggunaaan media sosial di masyarakat belum efektif, bijaksana dan produktif dalam proses pembelajarn di masa pandemi covid-19. Berdasarkan hal tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi agar masyarakat mengetahui penggunaan media sosial bagi orangtua dan anak. Hasil dari kegiatan ini diperoleh bahwa tumbuhnya motivasi orangtua untuk mengetahui dan menggunakan berbagai jenis media sosial dan menumbuhkan kesadaran akan nilai produktivitas media sosial dalam mendukung program belajar di masa pandemi covid-19.
References
Abdussalam, Huzaifah. 2015. Dampak positif dan negatif media sosial bagi Pelajar.
Effendi, M. R., & Syafrudin, I. (2020). Pertalian Agama Pada Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 12-27.
Effendi, M. R. Kata Kunci.
Gemilang (Peter Salim dan Yeni Salim, Kamus Besar Kontemporer . Jakarta: Modern English
https://abriantonugraha.wordpress.com/, tanggal 16 Desember 2017.
http://SOSMED/Abdus%20Salaam_%20Dampak%20Media%20Sosial%20Bagi%20Pela
jar.html, tanggal 12 Desember 2017.
Nugraha, Abrianto. 2012. Manfaat Media Sosial dalam Dunia Pendidikan.
Nurhalimah, Sitti. 2019. Media Sosial dan Masyarakat Pesisir : Refleksi Pemikiran Mahasiswa
Bidikmisi. DEEPUBLISH
Putra, Jaya. 2012. Pengertian Media sosial peran serta fungsinya.
http://jayaputrasbloq.blogspot.com/2011/02/definisi-atau-pengertian-istilah-
social.html, diakses 7 Agustus 2017
Suci Nurpratiwi, Muhamad Ridwan Effendi, A. (2021). Improving Religious Literacy Through Islamic Religious Education Course Based On The Flipped Classroom. Istawa, 6(1), 16–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/ijpi.v6i1.3107
S Nurpratiwi, MR Effendi, A Amaliyah - Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2021
Susanto, Heri & Akmal, Helmi. 2018. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis
Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Di
Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. HISTORIA: Jurnal Program
Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 197-206.
Thobroni, Muhammad and Arif Mustofa, Belajar dan Pembelajaran, 2nd edition (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)