Pengaruh Pelaksanaan Metode Tikrar Terhadap Hafalan Al-Quran Peserta Didik di Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk-Garut

https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.04

Authors

  • Iman Saifullah Universitas Garut, Indonesia
  • Nurul Husyaeni Nur Fitri Universitas Garut, Indonesia
  • Nurul Fatonah Universitas Garut, Indonesia

Keywords:

Metode, Tikrar, Hafalan Al-Qur'an

Abstract

Pada dasarnya umat manusia khususnya umat islam berkewajiban untuk menjaga Al-Quran dengan sebaik-baiknya, karena sudah sunatullah yang telah ditetapkanNya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kemurnian Al-Quran adalah dengan menghafalkannya. Metode tikrar adalah suatu cara menghafal Al-Quran dengan mengulang-ulang hafalan baik untuk menambah maupun menjaga hafalan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan metode tikrar terhadap hafalan Al-Quran peserta didik di Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 2 sebanyak 84 orang pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif berdasarkan survei. Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil dari pengolahan data menunjukan bahwa metode tikrar telah dilaksanakan dengan baik di kelas 2 Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk. Hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata jawaban responden terhadap item pertanyaan kuesioner yang diajukan sebesar 82.60 % dengan kriteria baik. Sementara hafalan Al-Quran peserta didik kelas 2 Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk, baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata jawaban responden terhadap item pertanyaan kuesioner yang diajukan sebesar 80.50%  dengan kriteria Baik. Pengaruh pelaksanaan metode tikrar terhadap hafalan Al-Quran peserta didik berdasarkan pengolahan data memiliki pengaruh sebesar 33.7% dengan kriteria “pengaruh cukup berarti”. Hal ini dikarenakan adanya dukungan yang besar dari pimpinan pesantren maupun guru, bahkan secara langsung penggunaan metode tikrar terlibat. Sedangkan sisanya sebesar 66.3% dipengaruhi oleh faktor lain baik dari dukungan orang tua, lingkungan sekolah, maupun dari lingkungan masyarakat.

References

Albdul Maljid, Straltegi Pembelaljalraln, (Balndung: Remaljal Rosdalkalryal, 2013), h. 193

Alhmald Sallim Baldwilaln. 2009. Palndualn Cepalt Menghalfall All-Quraln. Yogyalkalrtal:

Dival Press.

Alhsin W All-Halfidz, Bimbingaln Pralktis Menghalfall All-Quraln, Sinalr Gralfikal,

Jalkalrtal, 2000, hlm 25

Alrmali Alrief. 2002. Pengalntalr Ilmu daln Metodologi Pendidikaln Islalm, Jalkalrtal:

Ciputalt Press.

Alz-Zalwalwi, Yalhyal Albdul Falttalh. 2018. Revolusi Menghalfall All-Quraln. Suralkalrtal.

Insaln Kalmil.

Depalrtemen Algalmal RI. 2018. All-Quraln daln Terjemalhnyal: Juz 1-30. Jalkalrtal.

Fithrialni Galde, Implementalsi Metode Tikralr Dallalm Pembelaljalraln Menghalfall All-

Quraln, Jurnall Ilmialh DIDAlKTIKAl Vol. XIV, no. 2 (Februalri 2014): 215.,

h. 423

Hudal Rohmalli, Syalmsul. 2012. Pengembalngaln Kurikulum Pendidikaln Algalmal

Islalm, Yogyalkalrtal: Alksalral.

Ihsalnal El-Khuluqo, Belaljalr daln Pembelaljalraln, (Yogyalkalrtal: Pustalkal Pelaljalr,

, h. 60

Ijudin daln Nenden Munalwalroh. 2018. Pendidikaln Algalmal Islalm. Balndung: Malnggu

Malkmur Talnjung Lestalri (Alnggotal Ikalpi).

Izzaln, Alhmald daln Salehudin, Talfsir Pendidikaln, (Balndung, Humalnioral, 2015) hall.1

Khallid bin Albdul Kalrim All-Lalalhim. 2008. Mengalpal Salyal Menghalfall All-Qur’aln.

Solo: Dalalr Aln-Nalbal’.

Malbruri, Sallis Khotalmi. 2017. Korelalsi Alntalral Kemalmpualn Menghalfall All-Quraln

dengaln Kecerdalsaln Emosionall Siswal Siswi SMP IT Insaln Mulial Lalmpung

Timur. Lalmpung. IAlIN Ralden Intaln Lalmpung.

Malhmud Yunus, Kalmus Alralb Indonesial (Ciputalt: Malhmud Yunus Waldzurriyalh,

, h. 107.

Maljdi Ubalid, Lalngkalh-Lalngkalh Menghalfall All-Quraln, (Solo: Alqwalm, 2014)

Malkyalruddin, D.M. Ralhalsial Nikmaltnyal Menghalfall All-Quraln. Jalkalrtal: Nalural

Book, 2013

Mustofal Kalmall, Pengalruh Pelalksalnalaln Progralm Menghalfall All-Quraln Terhaldalp

Prestalsi Belaljalr Siswal (Studi Kalsus di MAl Sunaln Giri Wonosalri Tegall

Semalmpir Suralbalyal), Taldalrus: Jurnall Pendidikaln Islalm volume 6 no. 2 (2017): 5

Putral, Nusal daln Salnti Lisnalwalti, Penelitialn Kuallitaltif Pendidikaln Algalmal Islalm,

(Balndung, PT Remaljal Rosdalkalryal, 2012) hall.1

Rohison Alnwalr, Ulumul Quraln (Balndung: Pustalkal Setial, 2010). h. 33

Sal'dullalh, 9 Calral Pralktis Menghalfall All-Quraln, (Jalkalrtal: Gemal Insalni, 2017)

Salfal’alt, Muhalmmald Khalirul daln Inalyalti, Nurul Laltifalh. Efektivitals Metode Tikralr

daln Tallqin Dallalm Meningkaltkaln Pembelaljalraln All-Quraln Paldal Progralm

Unggulaln Kelals Thfidz Di SMP Islalm All-Albidin Suralkalrtal. [Alrtikel]

Gombong: (ID): Sekolalh Tinggi Ilmu Kesehaltaln Muhalmmaldiyalh

Gombong.

Salri, Putri Pungkals. 2018. Peneralpaln Metode Tikralr dallalm Meningkaltkaln Dalyal

Ingalt Salntri Halfidz All-Quraln di Pondok Pesalntren Roudlotul Mutal’alllimalt

Kalligunung 115 Kaljeksaln Kudus. [Skripsi] Kudus: Institus Algalmal Islalm

Negeri Kudus.

Setialnal, Elis. 2018. Implementalsi Metode Tikralr Dallalm Menghalfall All-Quraln di

Pondok Pesalntren Hidalyaltul Quraln Desal Balnjalrrejo Kecalmaltaln

Baltalnghalri Kalbupalten Lalmpung Timur. [Skripsi] Lalmpung (ID): Institus

Algalmal Islalm Negeri Metro.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitialn Kualntitaltif Kuallitaltif daln R&D. Balndung:

Allfalbetal.

Suhalrsumi Alrikunto. Prosedur Penelitialn Sualtu Pendekaltaln Pralktik. ( Cet XIII;

Jakarta: PT Rinekal Ciptal, 2009), hall 290.

Supendi, Dede. "Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasaan Spiritual Peserta Didik Kelas X di MA Al-Huda Jatiluhur." Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam 2.02 (2021): 77-93.

Syaliful Salgallal, Konsep daln Malknal Pembelaljalraln, (Balndung: Allfal Betal, 2013)

Undalng-undalng SISDIKNAlS 2003 UU RI No. 20 talhun 2003.

Tim Primal Penal, Kalmus Besalr Balhalsal Indonesial, (Jalkalrtal: Gital Medial Press, tt),

h. 307

Zalinall Alqib, Model-Model, Medial daln Straltegi Pembelaljalraln Kontekstuall

(Inovaltif), Yralmal Widyal, Balndung, 2013, hlm. 102

Zen Muhalimin, Pedomaln Pembinalaln Talhfidhul Qural’aln (Jalkalrtal: PT Malhal

Gralfindo, 2015), 251.

Published

2022-07-27

How to Cite

Saifullah, I., Nur Fitri, N. H. ., & Fatonah, N. . (2022). Pengaruh Pelaksanaan Metode Tikrar Terhadap Hafalan Al-Quran Peserta Didik di Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk-Garut. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(02), 149–165. https://doi.org/10.52593/pdg.03.2.04