Pengaruh Pelaksanaan Metode Tikrar Terhadap Hafalan Al-Quran Peserta Didik di Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk-Garut
Keywords:
Metode, Tikrar, Hafalan Al-Qur'anAbstract
Pada dasarnya umat manusia khususnya umat islam berkewajiban untuk menjaga Al-Quran dengan sebaik-baiknya, karena sudah sunatullah yang telah ditetapkanNya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kemurnian Al-Quran adalah dengan menghafalkannya. Metode tikrar adalah suatu cara menghafal Al-Quran dengan mengulang-ulang hafalan baik untuk menambah maupun menjaga hafalan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan metode tikrar terhadap hafalan Al-Quran peserta didik di Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 2 sebanyak 84 orang pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif berdasarkan survei. Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil dari pengolahan data menunjukan bahwa metode tikrar telah dilaksanakan dengan baik di kelas 2 Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk. Hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata jawaban responden terhadap item pertanyaan kuesioner yang diajukan sebesar 82.60 % dengan kriteria baik. Sementara hafalan Al-Quran peserta didik kelas 2 Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk, baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase rata-rata jawaban responden terhadap item pertanyaan kuesioner yang diajukan sebesar 80.50% dengan kriteria Baik. Pengaruh pelaksanaan metode tikrar terhadap hafalan Al-Quran peserta didik berdasarkan pengolahan data memiliki pengaruh sebesar 33.7% dengan kriteria “pengaruh cukup berarti”. Hal ini dikarenakan adanya dukungan yang besar dari pimpinan pesantren maupun guru, bahkan secara langsung penggunaan metode tikrar terlibat. Sedangkan sisanya sebesar 66.3% dipengaruhi oleh faktor lain baik dari dukungan orang tua, lingkungan sekolah, maupun dari lingkungan masyarakat.
References
Albdul Maljid, Straltegi Pembelaljalraln, (Balndung: Remaljal Rosdalkalryal, 2013), h. 193
Alhmald Sallim Baldwilaln. 2009. Palndualn Cepalt Menghalfall All-Quraln. Yogyalkalrtal:
Dival Press.
Alhsin W All-Halfidz, Bimbingaln Pralktis Menghalfall All-Quraln, Sinalr Gralfikal,
Jalkalrtal, 2000, hlm 25
Alrmali Alrief. 2002. Pengalntalr Ilmu daln Metodologi Pendidikaln Islalm, Jalkalrtal:
Ciputalt Press.
Alz-Zalwalwi, Yalhyal Albdul Falttalh. 2018. Revolusi Menghalfall All-Quraln. Suralkalrtal.
Insaln Kalmil.
Depalrtemen Algalmal RI. 2018. All-Quraln daln Terjemalhnyal: Juz 1-30. Jalkalrtal.
Fithrialni Galde, Implementalsi Metode Tikralr Dallalm Pembelaljalraln Menghalfall All-
Quraln, Jurnall Ilmialh DIDAlKTIKAl Vol. XIV, no. 2 (Februalri 2014): 215.,
h. 423
Hudal Rohmalli, Syalmsul. 2012. Pengembalngaln Kurikulum Pendidikaln Algalmal
Islalm, Yogyalkalrtal: Alksalral.
Ihsalnal El-Khuluqo, Belaljalr daln Pembelaljalraln, (Yogyalkalrtal: Pustalkal Pelaljalr,
, h. 60
Ijudin daln Nenden Munalwalroh. 2018. Pendidikaln Algalmal Islalm. Balndung: Malnggu
Malkmur Talnjung Lestalri (Alnggotal Ikalpi).
Izzaln, Alhmald daln Salehudin, Talfsir Pendidikaln, (Balndung, Humalnioral, 2015) hall.1
Khallid bin Albdul Kalrim All-Lalalhim. 2008. Mengalpal Salyal Menghalfall All-Qur’aln.
Solo: Dalalr Aln-Nalbal’.
Malbruri, Sallis Khotalmi. 2017. Korelalsi Alntalral Kemalmpualn Menghalfall All-Quraln
dengaln Kecerdalsaln Emosionall Siswal Siswi SMP IT Insaln Mulial Lalmpung
Timur. Lalmpung. IAlIN Ralden Intaln Lalmpung.
Malhmud Yunus, Kalmus Alralb Indonesial (Ciputalt: Malhmud Yunus Waldzurriyalh,
, h. 107.
Maljdi Ubalid, Lalngkalh-Lalngkalh Menghalfall All-Quraln, (Solo: Alqwalm, 2014)
Malkyalruddin, D.M. Ralhalsial Nikmaltnyal Menghalfall All-Quraln. Jalkalrtal: Nalural
Book, 2013
Mustofal Kalmall, Pengalruh Pelalksalnalaln Progralm Menghalfall All-Quraln Terhaldalp
Prestalsi Belaljalr Siswal (Studi Kalsus di MAl Sunaln Giri Wonosalri Tegall
Semalmpir Suralbalyal), Taldalrus: Jurnall Pendidikaln Islalm volume 6 no. 2 (2017): 5
Putral, Nusal daln Salnti Lisnalwalti, Penelitialn Kuallitaltif Pendidikaln Algalmal Islalm,
(Balndung, PT Remaljal Rosdalkalryal, 2012) hall.1
Rohison Alnwalr, Ulumul Quraln (Balndung: Pustalkal Setial, 2010). h. 33
Sal'dullalh, 9 Calral Pralktis Menghalfall All-Quraln, (Jalkalrtal: Gemal Insalni, 2017)
Salfal’alt, Muhalmmald Khalirul daln Inalyalti, Nurul Laltifalh. Efektivitals Metode Tikralr
daln Tallqin Dallalm Meningkaltkaln Pembelaljalraln All-Quraln Paldal Progralm
Unggulaln Kelals Thfidz Di SMP Islalm All-Albidin Suralkalrtal. [Alrtikel]
Gombong: (ID): Sekolalh Tinggi Ilmu Kesehaltaln Muhalmmaldiyalh
Gombong.
Salri, Putri Pungkals. 2018. Peneralpaln Metode Tikralr dallalm Meningkaltkaln Dalyal
Ingalt Salntri Halfidz All-Quraln di Pondok Pesalntren Roudlotul Mutal’alllimalt
Kalligunung 115 Kaljeksaln Kudus. [Skripsi] Kudus: Institus Algalmal Islalm
Negeri Kudus.
Setialnal, Elis. 2018. Implementalsi Metode Tikralr Dallalm Menghalfall All-Quraln di
Pondok Pesalntren Hidalyaltul Quraln Desal Balnjalrrejo Kecalmaltaln
Baltalnghalri Kalbupalten Lalmpung Timur. [Skripsi] Lalmpung (ID): Institus
Algalmal Islalm Negeri Metro.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitialn Kualntitaltif Kuallitaltif daln R&D. Balndung:
Allfalbetal.
Suhalrsumi Alrikunto. Prosedur Penelitialn Sualtu Pendekaltaln Pralktik. ( Cet XIII;
Jakarta: PT Rinekal Ciptal, 2009), hall 290.
Supendi, Dede. "Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasaan Spiritual Peserta Didik Kelas X di MA Al-Huda Jatiluhur." Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam 2.02 (2021): 77-93.
Syaliful Salgallal, Konsep daln Malknal Pembelaljalraln, (Balndung: Allfal Betal, 2013)
Undalng-undalng SISDIKNAlS 2003 UU RI No. 20 talhun 2003.
Tim Primal Penal, Kalmus Besalr Balhalsal Indonesial, (Jalkalrtal: Gital Medial Press, tt),
h. 307
Zalinall Alqib, Model-Model, Medial daln Straltegi Pembelaljalraln Kontekstuall
(Inovaltif), Yralmal Widyal, Balndung, 2013, hlm. 102
Zen Muhalimin, Pedomaln Pembinalaln Talhfidhul Qural’aln (Jalkalrtal: PT Malhal
Gralfindo, 2015), 251.
Published
How to Cite
Issue
Section
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.