Hijaiyyah Learning Transformation: Effectiveness of the Digital Iqra Application at Bungong Seulanga Kindergarten Pidie Jaya
Keywords:
Aplikasi Iqra Digital, Hruf hijaiyyahAbstract
As science and technology develop, there is an urge to utilize technology in the learning process. Teachers are required to use existing tools in accordance with current developments. One of them is the Iqra Digital application such as Marbel Mengaji to introduce hijaiyyah letters to children. Based on initial observations at the Bungong Seulanga Pidie Jaya State Kindergarten, some children cannot read the hijaiyyah letters properly and correctly, and their understanding is still weak. This research uses quantitative methods with a one group pretest-posttest design. The research sample was total sampling, involving all children in class A (16 children). Data collection was carried out through observation sheets and documentation. The research results show a significant increase in the recognition of hijaiyyah letters through the application of the Iqra Digital (Marbel Mengaji) application. The t-test results show tcount of 14,679 and ttable of 2,131 with degrees of freedom (df) 15 at the significance level α = 0.05. These results indicate that Ha was accepted and Ho was rejected, which means that the application of the Iqra Digital application is effective in improving children's ability to recognize hijaiyyah letters.
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka muncul dorongan untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Guru dituntut untuk menggunakan alat-alat yang ada sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satunya adalah aplikasi Iqra Digital seperti Marbel Mengaji untuk mengenalkan huruf hijaiyyah kepada anak. Berdasarkan observasi awal di TK Negeri Bungong Seulanga Pidie Jaya, sebagian anak belum bisa membaca huruf hijaiyyah dengan baik dan benar, serta pemahaman mereka masih lemah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah total sampling, melibatkan seluruh anak di kelas A (16 anak). Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara signifikan dalam pengenalan huruf hijaiyyah melalui penerapan aplikasi Iqra Digital (Marbel Mengaji). Hasil uji-t menunjukkan thitung sebesar 14.679 dan ttabel sebesar 2.131 dengan derajat kebebasan (df) 15 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima Ho ditolak, yang berarti bahwa penerapan aplikasi Iqra Digital efektif dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf hijaiyyah.
References
Anita Afrianingsih, Dkk (2019), Karakteristik Huruf Hijaiyah Sebagai Sarana Pembelajaran Baca Tulis Awal Anak Usia Dini, Jurnal Tunas Siliwangi.
Amelia L, dkk (2022) “pengaruh APE es krim huruf hijaiyyah terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah di TK ABBA Ie dingen meukek, aceh selatan” jurnal hadlonah. Vol. 3 No.2,
Aeh Fauzan, Dkk (2018) “pembangunan aplikasi iqro berbasis android menggunakan google speech”. Jurnal pengembangan teknologi informasi dan ilmu computer, vol 2 no 1. h. 29
Ari Kartina, L. S. (2021). Pemanfaatn Aplikasi Marbel Membaca Permulaan Educastudio Berbasis Android untuk Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh. Aplikasi Riset Masyarakat.
Alifia putri andini, dkk, (2022) upaya peningkatan pengenalan huruf hijaiyah melalui game edukasi berbasis android pada usia 4-5 tahun. volume 6 no 2.
Aisyiah Siregar, Dkk (2022) “peningkatan minat belajar mengaji dan pengetahuan tentang islam melalui aplikasi marbel mengaji di madrasah ibtidaiyah”. Jurnal Aksiologia pengabdian kepada masyarakat
Bastian, A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah melalui Media Gambar. 6(3), 1303-1311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1772
Dini." NANAEKE” (2019) Indonesian Journal of Early Childhood Education 2.1
Damayanti pane, (2020) “Pendidikan Agama Islam” FITK UIN Sumatera Utara Medan.
Dedi Nur Fadhilah, Dkk (2023) “Inovasi desain pembelajaran literasi digital untuk anak Paud berbasis android dengan kodular”. Jurnal minfo polgan. Vol 12 No 2.
Dadan suryadi, (2021) “Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran” Jakarta, kencana
Ellysa Aditya Suryawati Dan Muhammad Akkas. Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM untuk Satuan PAUD. (Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, 2021).
Fransiskus, DKK, (2021) “metodelogi penelitian kuantitatif” kota malang, CV Literasi Nusantara abadi.
Fiqih hana saputri, dkk, (2020) Perancangan Game Edukasi Marbel Mengenal Huruf Hijaiyah
Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata. 1(1), 46-54. https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.19
Febriani, Alvi Sufiyanti, Edi Hendri Mulyana, and Taopik Rahman (2020), "Pengembangan educative game berbasis aplikasi android untuk memfasilitasi keterampilan membaca anak usia 5-6 tahun." Jurnal Paud Agapedia
Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata. 1(1).
Fahmi Pradana, N. N. (2022). Pengembangan Aplikasi Marbel Sebagai Media Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Ketakwaan Siswa V SD. Pendidikan Ke-SD an, h. 1422-1428
Gunawan. 2019. “Pngembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah.” 6(1).
Hasballah J, Dkk (2021) “pengembangan media maze hijaiyyah untuk menstimulasi minat membaca aqra pada anak usia dini” jurnal STETIC: Education, science, and technology international, conference. Vol 1, No. 1.
Hermawan, Iwan (2019) “Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method)” Hidayatul Quran,
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan KajianSosialKeagamaan,17(2),188198.https://doi.org/10.46781/almutharahah.v17i2.138.
Ita Rosita Nur, Dkk (2022) “Upaya peningkatan kemampuan membaca al-quran melalui metode iqra pada santriwan/santriwati TPQ nurussolihin pamulan kota tanggerang selatan”. Vol 2 no 3 Jurnal mahasiswa Humanis.
Imtitsalul Kamilah Az-Zahroh, F. L. (2022). Pengaruh Aplikasi Marbel Huruf terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 tahun. Pendidikan.
Kurikulum, B S, (2022) Panduan Pembelajaran dan asesmen Pendidikan anak usia dini, Pendidikan dasar, dan menengah. Kementrian Pendidikan kebudayaan riset dan tekhnologi.
Kemendikbud. (2019). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Listriani, A., & Sumadi, T. (2021). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591–598. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680
Muh Fitrah, dkk, (2017), “Metodologi Penelitian (Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus)” Jawa Barat: CV Jejak. Menggunakan Metode t-Test (JURNAL SISFOTEK GLOBAL, Vol. 11, No. 1, Maret 2021)
Mursal Aziz, Dkk (2020) “metode pembelajaran baca tulis al-quran memaksimalkan Pendidikan islam melalui alquran” (medan, CV pusdika Mj).
Nurhayati, dkk (2022) “Pengenalan Huruf Hijaiyyah melalui Media Kartu Gambar pada Anak”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini universitas tudulako
Noralia Purwa Yunita, dkk, (2022) Gamification “Membuat Belajar Seasyik Bermain Game” Penerbit Andi.
Nova Rika Batubara, Elida Florentina Sinaga Simanjorang, Nurintan Asyiah Siregar/Aksiologiya (2022) Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.6, No.2.
Mutia Nanda Herlina dan Atin Fatimah, (2018) Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 No. I, (Jakarta: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
R. efendi, e. p. purwandari, dan m. a. aziz (2015), “aplikasi pengenalan huruf hijaiyah berbasis marker augmented reality pada platform android,” vol. ii nomor 2
R Sonia Triandani Yolanda, D. (2022). Efektifitas Apliaksi Marbel Berbasis Android dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagai Anak Disleksia di sekolah dasar. Basicedu.
Rochmawati, Dkk. (2018). Aplikasi Belajar Mengaji Berbasis Android. Jurnal Manajemen Informatika h. 71
Sugiono. (2019) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alvabeta
Sri Rizqi Wahyunigrum, (2022) “Ragam analisis data penelitian (sastra, riset, dan pengembangan, madura” IAIN Madura
Sari, N., Wahyuningsih, S., & Palupi, W. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Papan Flanel. Kumara Cendekia, 9(2).
Supardi, (2013) “Aplikasi statistic dalam penelitian” jakarta: change publication
Sulaiman, Umar, Nur Ardianti, and Selviana Selviana, (2019) "Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun
Simanjorang, E. F. S., Siahaan, L. R., Hutagaol, H. R., & Limbong, B. (2021). Pendampingan Anak Didik Agar Tetap Ceria dan Sehat di Era Transisi New Normal. Surya Abdimas, 5(3), 338–346. https://doi.org/10.37729/abdimas.v5i3.1245
Siregar, N., & Sutabri, T. (2019). Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Mengaji Dengan Metode Belajar Albarqi Dasar pada Yayasan Marhamatur Ridho Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informatika & Komputer, 5(1), 45–50. http://journal.thamrin.ac.id/index.php/jtik/article/view/245
Berd (2020) “Pengantar Mikroteaching” Yogyakarta: CV Budi Utama
Pangestu, A.R., & Purwanto, A. (2021). Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah dan Iqro untuk Anak Berbasis Android. EJECTS: E-Journal Computer, Technology and Informations System LPPM Universitas Darwan Ali, 01(01), 1–6. http://jurnal.unda.ac.id/index.php/ejects/article/view/170
Vivi Syofia Sapardi, (2018) “Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di Paud/Tk Islam Budi Mulia”, Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jamaliah Hasballah, siti Rahmah Rahmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
KIDDIE: Early Chilhood Eduaction and Care Journal allow the author(s) to hold the copyright without restrictions and allow the author(s) to retain publishing rights without restrictions and authors who publish with this journal agree to the following terms:
In developing strategy and setting priorities, KIDDIE: Early Chilhood Eduaction and Care Journal recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
KIDDIE: Early Chilhood Eduaction and Care Journal has a CC-BY SA license or its equivalent as the optimal license for publication, distribution, use and reuse of scientific work. This license is under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.