Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Media Flashcard pada Materi An-Nazah di DTA Manaarul Huda Kelas IV
Keywords:
Aktivitas, Flashcard, Pembeajaran Bahasa Arab.Abstract
Permasalahan pada penelitian ini bersumber dari a) belum adanya guru lulusan Bahasa Arab di sekolah b) siswa memandang bahwa pelajaran Bahasa Arab adalah pelajaran yang rumit. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab; dan 2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab materi An-Nazah bagi siswa kelas IV DTA Manaarul Huda Kecamatan Cipeundeuy Subang tahun pelajaran 2019/2020 melalui penerapan media Flashcard. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di MDTA Manaarul Huda Desa Wantilan Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang selama dua bulan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV DTA Manaarul Huda Desa Wantilan Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 22 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Arab materi An-Nazah dengan penerapan media flashcard. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Penerapan media Flashcard dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; dan 2) Penerapan media Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab materi An-Nazah bagi siswa kelas IV DTA Manaarul Huda Wantilan Cipeundeuy Subang tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan.
References
Hermawan, Acep. 2008. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana.
Aqib, Zainal dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk guru SMP,SMA,SMK. Bandung:CV. Yrama Widya
Susilana, Rudi dan riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran. Bandung:CV Wacana Prima.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta:Rajawali.
Izzan, Ahmad. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:Humaniora.
Wiriaatmadja, R. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Harmer, J. 2005. The Practice of English Language Teaching. London: Pearson Education Limited.
Permadi, D. dan Suryana, N. 2000. Pendekatan, Metode, Tehnik dan ModelPembelajaran Bahasa Inggris di SD dan MI. Bandung: Sarana Panca Karya