PENERAPAN LINGUISTIK ARAB DALAM MEMAHAMI BAHASA AL-QUR’AN

Penelitian pada Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kabupaten Purwakarta

  • Abdul Kosim

Abstract

Penelitian ini menjelaskan fenomena penerapan linguistik Arab dalam memahami bahasa Al-Qur’an pada guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kabupaten Purwakarta. Data dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa sampel guru Bahasa Arab dari 12 Madrasah Aliyah yang ada di Kabupaten Purwakarta. Penerapan linguistik Arab yang meliputi aspek-aspek internal bahasa dari mulai fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik yang tampak pada guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah di Kabupaten Purwakarta menunjukkan 76 % sudah sesuai dengan kaidah linguistik. Nilai yang cukup besar dan didominasi aspek fonologi sebesar  22%, disusul dengan aspek sintaksis 18,3%, aspek morfologi yang 18,3%, dan aspek semantik yang 17%. Secara guru bahasa Arab Madrasah Aliyah Kabupaten Purwakarta dalam hal penerapan linguistik Arab untuk memahami bahasa Al-Qur’an sangat bagus, hal ini disebabkan karena kualitas sumber daya manusia yang memadai dan lingkungan yang mendukung karena dikelililngi oleh pesantren-pesantren yang hebat dan berkualitas.


 Kata kunci : Penerapan, linguistik Arab, Bahasa Al-Qur’an

Published
Jul 10, 2020
How to Cite
KOSIM, Abdul. PENERAPAN LINGUISTIK ARAB DALAM MEMAHAMI BAHASA AL-QUR’AN. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 19-35, july 2020. ISSN 2655-4267. Available at: <http://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/klm/article/view/12>. Date accessed: 28 sep. 2020.